PEMBUATAN VIDEO KONTEN REELS PADA INSTAGRAM BIRDIE INDONESIA GUNA MENINGKATKAN ENGAGEMENT

Permana, Dafa Bayu (2022) PEMBUATAN VIDEO KONTEN REELS PADA INSTAGRAM BIRDIE INDONESIA GUNA MENINGKATKAN ENGAGEMENT. Diploma thesis, Polimedia Jakarta.

[thumbnail of PEMBUATAN VIDEO KONTEN REELS PADA INSTAGRAM BIRDIE INDONESIA GUNA MENINGKATKAN ENGAGEMENT] Text (PEMBUATAN VIDEO KONTEN REELS PADA INSTAGRAM BIRDIE INDONESIA GUNA MENINGKATKAN ENGAGEMENT)
BAYU_19033034.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (332kB)

Abstract

Currently, most of the Indonesian population has a lifestyle that is familiar with the Internet, the number of Indonesian internet users reached 212.35 million in March 2021. Therefore, using digital marketing strategies through social media platforms is quite effective in increasing brand awareness and traffic. One of the social media platforms, Instagram, has also experienced a significant increase in users. This makesthis social media platform still an option for information dissemination media and promotional media, this social media Platform also has many features, such as Instagram Stories, Feeds, and Reels that can support promotion. Instagram is also usedto promote its products and also utilize the features contained in Instagram such as Feeds, Instagram Story, and Reels with different functions and content. Instagram video Editor strategy at PT Birdi Indonesia in determining the idea of content and video editing process Reels content to increase audience interaction after watching Reels Instagram content Birdie Indonesia. The theory used by the author includes Brand Awareness, AIDA Model, SWOT analysis, STP Strategy, Social Media, and video Editing. In Instagram's discussion, the author analyzed the Birdie brand and its competitors using an analysis of every theory used related to Instagram social media and Instagram Reels video content. Instagram Birdie Indonesia before dana after using AIDA Model, then Reels Video content strategy for Instagram Birdie Indonesia. Fromthe author's analysis, to be able to increase engagement on Instagram Reels video content, using the AIDA Model in the process of creating content and editing video andfor content strategies with the use of voice over narration on video is a type of contentthat has never been created by the Birdie brand itself or by its competitors.

Saat ini sebagian besar penduduk Indonesia memiliki gaya hidup yang akrab dengan Internet, jumlah pengguna internet Indonesia mencapai 212,35 juta jiwa pada Maret 2021. Oleh karena itu menggunkan strategi pemasaran digital melalui platform media sosial cukup efektif dalam mendapat meningkatkan brand awareness dan juga traffic. Salah satu platform media sosial yaitu Instagram juga mengalami peningkatan pengguna yang signifikan. Hal ini membuat platform media sosial ini masih menjadi pilihan untuk media persebaran informasi maupun media promosi, Platform media sosial ini juga memiliki banyak fitur, seperti Instagram Story, Feeds, dan Reels yang bisa menunjang promosi. Dalam mempromosikan produk produknya PT Birdi Indonesia juga menggunakan media sosial Instagram dan juga memanfaatkan fitur fitur yang terdapat pada Instagram seperti Feeds, Instagram Story, dan Reels dengan fungsi dan konten yang berbeda. Tujuan dari penulisan adalah bagaimana strategi Editor Video Instagram pada PT Birdi Indonesia dalam menentukan ide konten dan proses editing video konten Reels untuk meningkatan interaksi audiens setelah menonton konten Reels Instagram Birdie Indonesia. Teori yang digunakan penulis meliputi Brand Awareness, Model AIDA, Analisis SWOT, Strategi STP, Media Sosial, dan Editing Video. Dalam pembahasannya penulis melakukan analisa dari brand Birdie dan juga kompetitornya menggunkan analisis dari setiap teori yang digunakan terkait media sosial Instagram dan konten video Instagram Reels. Dalam penelitannya penulis mendapatkan beberapa temuan yakni Pengamatan konten Reels pada Instagram Birdie Indoensia sebelum dana sesudah menggunakan Model AIDA, lalu Strategi konten Video Reels untuk Instagram Birdie Indonesia. Dari analisa penulis, untuk dapat meningkatkan engagement pada konten video Instagram Reels menggunkan Model AIDA dalam proses pembutan konten dan editing video serta untuk strategi konten dengan penggunaan narasi voice over pada video merupakan jenis konten yang belum pernah dibuat oleh brand Birdie itu sendiri maupun oleh kompetitornya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing I : Dyama Khazim Setyadi, SE., M.I.Kom Pembimbing II : Tommy Ajrul Na’im, S.I.Kom
Uncontrolled Keywords: Instagram Reels, editing video, social media, Birdie Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Penerbitan > Prodi Periklanan
Depositing User: Dafa Bayu Permana
Date Deposited: 09 Sep 2022 03:26
Last Modified: 12 Sep 2022 04:28
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1089

Actions (login required)

View Item
View Item