PERANCANGAN KONSEP DAN PEMBUATAN ASET 2D PADA GAME “SI ATOL” BERBASIS CLOUD COMPUTING

Audi Prasetya, Audi (2022) PERANCANGAN KONSEP DAN PEMBUATAN ASET 2D PADA GAME “SI ATOL” BERBASIS CLOUD COMPUTING. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN KONSEP DAN PEMBUATAN ASET 2D PADA GAME “SI ATOL” BERBASIS CLOUD COMPUTING] Text (PERANCANGAN KONSEP DAN PEMBUATAN ASET 2D PADA GAME “SI ATOL” BERBASIS CLOUD COMPUTING)
PERANCANGAN KONSEP DAN PEMBUATAN ASET 2D PADA GAME “SI ATOL” BERBASIS CLOUD COMPUTING.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (812kB)

Abstract

Globalization changes the cultural identity of Indonesia which makes nationalism begin to fade. The younger generation prefers western culture to Indonesia culture. Researcher intend to preserve cultinure, one of which is preserving traditional snacks which will be realized in the form of games. Game is one of the activities that are often carried out by most people in seeking entertainment and fun. Author use Game Design Document (GDD) in the development of this game. This GDD will continue to be updated to become more complex so that it becomes a guideline in making the game. Author in the development of this game focus on designing concepts and making 2D Asset in the game “Si Atol”. The method used by author in making the game “Si Atol” is to use the Game Development Life Cycle (GDLC) method. The steps of game development using the GDLC method that author carried out were initiation, pre-production, production, testing and release. In the development of the game "Si Atol" author used a game based on Cloud Computing. Cloud computing is the use of computer technology and applications connected to the internet. Cloud computing helps players access application programs online without installing them on a computer.

Keywords: Cloud Computing, Game Design Document, GDLC

Globalisasi mengubah identitas budaya Indonesia yang membuat nasionalisme mulai luntur, generasi muda lebih memilih budaya barat dari pada budaya Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah memperkenalkan budaya salah satunya dengan memperkenalkan jajanan tradisional yang akan di realisasikan dalam bentuk sebuah permainan. Permainan merupakan salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang dalam mencari hiburan dan kesenangan. Sebelum membuat permainan harus dibuat terlebih dahulu dokumen desain permainan. Dokumen desain permainan akan selalu di perbarui menjadi lebih kompleks sehingga menjadi pedoman dalam pengembangan permainan tersebut. Penulis dalam pengembangan permainan ini berfokus kepada perancangan konsep dan pembuatan aset 2D pada permainan “Si Atol”. Metode yang digunakan oleh penulis dalam pengembangan permainan “Si Atol” ini adalah dengan menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC). Tahapan pengembangan permainan dengan metode GDLC yang dilakukan penulis adalah inisiasi, pra-produksi, produksi, pengujian dan rilis. Dalam pengembangan permainan “Si Atol” penulis menggunakan permainan berbasis komputasi awan. Komputasi awan adalah pemanfaatan teknologi komputer dan aplikasi yang terkoneksi secara bersamaan dengan adanya jaringan internet. Komputasi awan membantu pemain mengakses program aplikasi secara online atau tanpa melakukan instalasi pada komputer.

Kata Kunci: Komputasi awan, Dokumen Desain Permainan, GDLC

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Yeni Nurhasanah S.PD, M.T Tita Aprilliawati Putri Santoso, S.ST, M.T
Uncontrolled Keywords: Game designer
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Permainan
Depositing User: Audi Prasetya
Date Deposited: 14 Sep 2022 07:19
Last Modified: 14 Sep 2022 07:19
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1452

Actions (login required)

View Item
View Item