Moda Transportasi Bajaj Orange Sebagai Inspirasi Pembuatan Busana Siap Pakai

Arum Hanifah, Arum (2022) Moda Transportasi Bajaj Orange Sebagai Inspirasi Pembuatan Busana Siap Pakai. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Moda Transportasi Bajaj Orange Sebagai Inspirasi Pembuatan Busana Siap Pakai] Text (Moda Transportasi Bajaj Orange Sebagai Inspirasi Pembuatan Busana Siap Pakai)
Reposstory Arum Hanifah.pdf
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (704kB)

Abstract

ABSTRAK

The legendary Bajaj orange Jakarta is one of the means of public transportation that has its own uniqueness. Because gradually had to mutate again starting five years ago as the fuel changes, the orange bajaj became obsolete. Today, we are faced with the problem of the millennial generation's low interest in history, one of which is the history of transportation. History is often seen as boring and uninteresting. The author raised the theme as a source of inspiration to remember and reintroduce the orange bajaj to the younger generation. For the quantitative method, the author uses a survey to determine market interest in the design that the author has made, while for the qualitative method the author analyzes the visualization of the orange bajaj. The result that the writer expects from this final project is the creation of a ready-to-wear clothing collection that is appropriate by applying several fashion components, namely, the shape, texture, color, and philosophy of the orange bajaj.
Keywords: Jakarta, Bajaj Orange, Ready to Wear
Bajaj orange Jakarta sang legendaris adalah salah satu alat transportasi umum yang memiliki keunikan tersendiri. Kendaraan bajaj begitu populer karena dimensinya yang minimalis. Karena berangsur mesti bermutasi kembali mulai lima tahun lalu seiring perubahan bahan bakarnya bajaj orange pun usang. Dewasa ini, kita dihadapkan pada persoalan rendahnya minat generasi milenial terhadap sejarah, salah satunya adalah sejarah transportasi. Sejarah kerap kali dianggap sebagai hal yang membosankan dan tidak menarik. Penulis mengangkat tema tersebut sebagai sumber inspirasi untuk mengenang serta memperkenalkan kembali bajaj orange kepada generasi muda. Tugas akhir ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Untuk metode kuantitatif penulis menggunakan survei untuk mengetahui minat pasar terhadap desain yang penulis sudah buat, sedangkan untuk metode kualitatif penulis menganalisa mengenai visualisasi bajaj orange. Hasil yang diharapkan penulis dari tugas akhir ini ialah terciptanya koleksi busana siap pakai yang sesuai dengan menerapkan beberapa komponen fesyen yaitu, bentuk ,tekstur, warna, dan filosofi dari bajaj orange.
Kata Kunci : Jakarta, Bajaj Orange, Busana Siap Pakai

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1.Pingki Indrianti M.Ds 2.Dr.Eko Djuniarto S.E.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Jakarta, Bajaj Orange, Busana Siap Pakai
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Desain Mode
Depositing User: Arum Hanifah
Date Deposited: 05 Oct 2022 04:18
Last Modified: 05 Oct 2022 04:18
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2638

Actions (login required)

View Item
View Item