¬¬¬LAPORAN TUGAS AKHIR PERANCANGAN MOTION INFOGRAPHIC SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK MENENGAH PERTAMA

Muhammad Farras Daffa Syahputra, Farras Daffa (2022) ¬¬¬LAPORAN TUGAS AKHIR PERANCANGAN MOTION INFOGRAPHIC SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK MENENGAH PERTAMA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of LAPORAN TUGAS AKHIR PERANCANGAN MOTION INFOGRAPHIC SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK MENENGAH PERTAMA] Text (LAPORAN TUGAS AKHIR PERANCANGAN MOTION INFOGRAPHIC SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK MENENGAH PERTAMA)
LAPORAN TUGAS AKHIR_TA2022_D_13_Muhammad Farras Daffa Syahputra_Upload.pdf
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
The development of technology, makes everything easier, especially during a pandemic situation like today where everything is done online, one of which is school. Motion Graphic is a combination of audio-visual media that combines film art and graphic design by incorporating different elements such as illustrations, typography, photography, video and music created using 2D or 3D animation techniques. To attract students' interest in learning and facilitate the learning process, teachers usually provide videos in the form of their learning materials to their students. The purpose of this study was to determine whether the use of animated motion graphics videos, illustrations, text and sound can increase the learning interest of junior high school students at SMP Citra Negara Depok. The benefit of this research is to provide knowledge that motion graphics video can be used as a learning medium. The method used in this study is a qualitative method, where the researchers conducted interviews and observations related to the research. Based on the results of the research that has been done, it can be concluded that the use of motion graphics videos, illustrations, text and sound can increase students' interest in learning and facilitate the learning process about dance.
Keywords: motion graphic video, learning process, dance

Berkembangnya teknologi saat ini, membuat segala hal menjadi lebih mudah terlebih disaat situasi pandemi seperti saat ini dimana semua dilakukan secara online, salah satunya adalah sekolah. Motion Graphic adalah gabungan media audio visual yang menggabungkan seni film dan desain grafis dengan memasukan elemen-elemen yang berbeda seperti ilustrasi, tipografi, fotografi, video dan musik yang dibuat dengan menggunakan teknik animasi 2D atau 3D. Untuk menarik minat belajar siswa dan mempermudah proses pembelajaran maka guru biasanya memberikan video berupa materi pembelajaran mereka pada siswanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan video animasi motion graphic, ilustrasi, teks dan juga suara dapat meningkatkan minat belajar siswa menengah pertama di SMP Citra Negara Depok. Manfaat dari penelitian ini adalah memberi pengetahuan bahwa vidio motion grafis dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif, dimana peneliti melakukan wawancara dan observasi terkait penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan vidio motion graphic, ilustrasi, teks dan suara dapat meningkatkan minat belajar siswa dan memudahkan proses pembelajaran mengenai seni tari.
Kata kunci : video motion graphic, proses pembelajaran, seni tari

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Mulyanuddin,Spd.,MM 2. R. Sulistiyo Wibowo, S.Sn.,M.Sn
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : video motion graphic, proses pembelajaran, seni tari
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Desain Grafis
Depositing User: Muhammad farras daffa syahputra
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:21
Last Modified: 12 Oct 2022 01:21
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2798

Actions (login required)

View Item
View Item