Pembuatan Aplikasi Media Promosi Produk Minuman Kopi Indonesia "KOPITRO" Berbasis Augmented Reality

Aufa Uhdati, Aufa (2022) Pembuatan Aplikasi Media Promosi Produk Minuman Kopi Indonesia "KOPITRO" Berbasis Augmented Reality. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

[thumbnail of Pembuatan Aplikasi Media Promosi Produk Minuman Kopi Indonesia "KOPITRO" Berbasis Augmented Reality] Text (Pembuatan Aplikasi Media Promosi Produk Minuman Kopi Indonesia "KOPITRO" Berbasis Augmented Reality)
Pembuatan Aplikasi Media Promosi Produk Minuman Kopi Indonesia KOPITRO Berbasis Augmented Reality.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Kedai KOPITRO is a coffee shop that has a unique signature coffee
variant. This shop is located in a strategic location, namely on Jl. Slamet Riyadi,
East Jakarta. This shop also has a variety of complete facilities such as ample
parking, free wifi, and live music.
However, after the author made direct observations to the KOPITRO shop,
the author found that there was a need to create a marketing strategy that was
needed by a business, both small businesses and large businesses that had
developed. The majority of coffee shops in various parts of Indonesia are
domiciled by Generation X, most of whom still lack knowledge of the ability to
adapt to the internet and technological developments. By implementing AR, the
Coffee Shop gets a number of benefits in various activities. Therefore, in
Augmented Reality, KOPITRO shop customers get a more detailed picture of the
products to be stocked. Namely with a 2D video about Profile, Composition, and
the manufacturing process. So that it makes customers more curious to see and
provoke their curiosity about KOPITRO products. The technique for designing
Augmented Reality uses a marker based tracking technique. This application is
run on an android smartphone then it will detect the marker contained in the
brochure, after the marker is detected the content of the video will appear. This
application is expected to be a better promotional media and can be an innovation
for other coffee shops. The percentage of application trials of 95.5% can be stated
that this application is very good for use by Android users.
Keywords: Augmented Reality, Coffe Shops, Promotion, Motion Graphic
Kedai KOPITRO merupakan kedai kopi yang memiliki varian kopi
signature yang unik. kedai ini terletak di lokasi yang strategis yakni di Jl. Slamet
Riyadi Jakarta Timur. Kedai ini juga memiliki beragam fasilitas yang lengkap
seperti parkir luas, wifi gratis, dan live musik.
Namun setelah penulis melakukan observasi langsung ke kedai KOPITRO,
penulis menemukan adanya keperluan untuk membuat strategi pemasaran yang
sangat dibutuhkan sebuah usaha, baik usaha kecil maupun usaha yang sudah
berkembang besar. Kedai Kopi di berbagai pelosok indonesia mayoritas di
domisili oleh generasi X, yang sebagian besar masih minim pengetahuan
kemampuan beradaptasi terhadap internet serta perkembangan teknologi. Dengan
menerapkan AR, Kedai Kopi mendapatkan sejumlah manfaat dalam berbagai
kegiatan. Maka dari itu dalam Augmented Reality, pelanggan kedai KOPITRO
mendapatkan gambaran lebih mengenai produk yang akan dibeli. Yaitu dengan
video 2D mengenai Profil, Komposisi, beserta Proses Pembuatan. Sehingga
membuat pelanggan lebih penasaran dalam melihat dan memancing rasa ingin
tahu mereka akan produk KOPITRO. Teknik untuk perancangan Augmented
Reality menggunakan teknik marker based tracking. Aplikasi ini dijalankan pada
vii
smartphone android kemudia akan mendeteksi marker yang terdapat pada brosur,
setelah maerker terdeteksi konten bideo akan muncul. Aplikasi ini dihaeapkan
dapat menjadi media promosi yang lebih baik serta dapat menjadi inovasi untuk
kedai kopi lainnya. Presentase uji coba aplikasi sebesar 95,5% dapat dinyatakan
bahwa aplikasi ini sudah sangat vaik untuk digunakan pengguna android.
Kata Kunci: Augmented Reality, Kedai Kopi, Promosi, Motion Graphic

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Agung Budi Prasetyo, MT 2. Yudha Pradana, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Kedai Kopi, Promosi, Motion Graphic
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Aufa uhdati
Date Deposited: 18 Oct 2022 07:56
Last Modified: 30 Nov 2022 02:46
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3170

Actions (login required)

View Item
View Item