PEMBUATAN MEDIA INTERAKTIF MENGENAL HEWAN ENDEMIK PROVINSI BANTEN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR

Anggara, Yudha (2022) PEMBUATAN MEDIA INTERAKTIF MENGENAL HEWAN ENDEMIK PROVINSI BANTEN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMBUATAN MEDIA INTERAKTIF MENGENAL HEWAN ENDEMIK PROVINSI BANTEN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR] Text (PEMBUATAN MEDIA INTERAKTIF MENGENAL HEWAN ENDEMIK PROVINSI BANTEN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR)
Preliminary_19012137.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (438kB)

Abstract

Endemic animals have an exclusive or original meaning in a location that
has special characteristics, one of which is in the Ujung Kulon National Park.
Ujung Kulon National Park Office has the main task of conserving natural
resources and their ecosystems. Dissemination of information related to endemic
animals should be able to be done using digital media along with the times. One
of them is to create Interactive Media. Thus, this Interactive Media application is
needed as a complement to the extension media and has more value. The results
showed that this application can be run well and easy to understand for
elementary school children. Based on this application test, it is considered very
feasible with the results of the feasibility test of 88.1% in introducing Endemic
Animals in Banten Province.
Keywords: Ujung Kulon National Park, Endemic Animals, Interactive Media,
Elementary School
Hewan Endemik mempunyai arti eksklusif atau asli pada suatu lokasi yang
memiliki sifat secara khusus, salah satunya berada di Taman Nasional Ujung
Kulon. Balai Taman Nasional Ujung Kulon memiliki tugas pokok
menyelenggarakan konservasi sumber daya alam dan ekosistemnya.
Penyebarluasan informasi terkait hewan endemik seharusnya dapat dilakukan
dengan media digital seiring dengan perkembangan jaman. Salah satunya adalah
dengan membuat Media Interaktif. Dengan begitu aplikasi Media Interaktif ini
dibutuhkan sebagai pelengkap media penyuluhan dan mempunyai nilai lebih.
Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi ini dapat dijalankan dengan baik dan
mudah dipahami untuk anak sekolah dasar. Berdasarkan uji aplikasi ini dinilai
sangat layak dengan hasil uji kelayakan 88,1% dalam mengenalkan Hewan
Endemik Provinsi Banten.
Kata Kunci : Taman Nasional Ujung Kulon, Hewan Endemik, Media Interaktif,
Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Rudy Cahyadi, M.T 2. Jati Raharjo, S.Sn, M.Sn
Uncontrolled Keywords: Taman Nasional Ujung Kulon, Hewan Endemik, Media Interaktif, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Yudha Anggara
Date Deposited: 20 Oct 2022 04:35
Last Modified: 20 Oct 2022 04:35
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3275

Actions (login required)

View Item
View Item