PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA INFORMASI PENGENALAN KAIN TRADISIONAL BATAK KARO

Jeremia, Erik (2022) PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA INFORMASI PENGENALAN KAIN TRADISIONAL BATAK KARO. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA INFORMASI PENGENALAN KAIN TRADISIONAL BATAK KARO] Text (PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA INFORMASI PENGENALAN KAIN TRADISIONAL BATAK KARO)
ErikJeremia_2022_18810032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (522kB)

Abstract

ABSTRAK

Indonesia memiliki beragam kebudayaan salah satunya kain tradisional. Namun saat ini pemakaian kain tradisional ini sudah berkurang dan pengenalan tentang kain tradisional masih masih banyak menggunakan buku dan browsing di internet. Keseluruhan bentuk dan motif kain tradisional dan membuat masyarakat tidak maksimal dalam menyerap informasi bagian-bagian dari kain tradisional . Metode yang digunakan dalam pembangunan aplikasi ini berupa studi Pustaka, analisis kebutuhan, perancangan aplikasi, pembangunan aplikasi, dan pengujian aplikasi. Pembangunan aplikasi dilakukan dengan metode marker augmented reality di mana informasi mengenai kain tradisional akan menampilkan secara realtime ke dunia nyata dengan cara membaca marker yang telah di sediakan dan selanjutnya akan di terjemahkan menjadi kain tradisional dalam bentuk 3D.

Indonesia has a variety of cultures, one of which is traditional cloth. However,nowadays the use of this traditional cloth has decreased and the introduction of traditional cloth is still a lot using books and browsing on the internet. Thus limiting the space for knowing the overall shape and motif of traditional fabrics and making people not optimal in absorbing information on parts of traditional fabrics. Application development is carried out using the augmented reality marker method where information about traditional fabrics will be displayed in real time to the real world by reading the markers that have been provided and will then be translated into traditional fabrics in 3D.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing I : Sari Setyaning Tyas ,M.ti Pembimbing II : Jati Raharjo, S.Sn.M.Sn
Uncontrolled Keywords: 3 dimensi, Android, Augmented Reality dan kain tradisional
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Erik Jeremia Sembiring
Date Deposited: 25 Oct 2022 06:39
Last Modified: 25 Oct 2022 06:39
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3593

Actions (login required)

View Item
View Item