PENULISAN NASKAH CERITA ANAK "TIDAK PERLU TAKUT SEKOLAH" UNTUK PERSIAPAN SEKOLAH DASAR.

Triandini, Hersita (2022) PENULISAN NASKAH CERITA ANAK "TIDAK PERLU TAKUT SEKOLAH" UNTUK PERSIAPAN SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENULISAN NASKAH CERITA ANAK "TIDAK PERLU TAKUT SEKOLAH" UNTUK PERSIAPAN SEKOLAH DASAR] Text (PENULISAN NASKAH CERITA ANAK "TIDAK PERLU TAKUT SEKOLAH" UNTUK PERSIAPAN SEKOLAH DASAR)
Preliminary_19030061.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

“Tidak Perlu Takut Sekolah” is a children's story book that tells the story of a boy who is afraid when he first enters school. The story describes the steps that need to be taken to overcome the fear of entering school for the first time. The purpose of writing this final project is to write a script for a children's story book "Tidak Perlu Takut Sekolah". The author refers to Kurniawan's theory (2018). This final project was prepared by descriptive method, with data collection techniques of literature study, interviews, and observation. In the discussion, the steps for writing a script children's story book "Tidak Perlu Takut Sekolah" is done by (1) determining ideas, (2) formulating story titles, (3) developing conflicts and their resolution, (4) developing interesting children's stories, and (5) editing and revising. In conclusion, by implementing Kurniawan's (2018) theory, the author has completed writing the script for the children's story book "Tidak Perlu Takut Sekolah" into a manuscript worthy of publication.

“Tidak Perlu Takut Sekolah” merupakan buku cerita anak yang menceritakan seorang anak laki-laki yang merasa takut saat pertama masuk sekolah. Dalam cerita tersebut menjelaskan tahapan yang perlu dilakukan untuk menangani rasa takut saat pertama masuk sekolah. Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk penulisan naskah buku cerita anak “Tidak Perlu Takut Sekolah”. Penulis merujuk teori Kurniawan (2018). Tugas akhir ini disusun dengan metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data studi pustaka, wawancara, dan observasi. Pada pembahasan, langkah-langkah penulisan naskah buku cerita anak “Tidak Perlu Takut Sekolah” dilakukan dengan (1) menentukan ide gagasan, (2) merumuskan judul cerita, (3) mengembangkan konflik dan penyelesaiannya, (4) mengembangkan cerita anak yang menarik, dan (5) mengedit dan revisi. Penulisan naskah buku cerita anak “Tidak Perlu Takut Sekolah” simpulannya, dengan mengimplementasikan teori Kurniawan (2018) tersebut, penulis telah menyelesaikan penulisan naskah Penulisan naskah buku cerita anak “Tidak Perlu Takut Sekolah” menjadi sebuah naskah yang layak diterbitkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Dr. Purnomo Ananto, M.M. Suratni, S.S., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Writing, No Need to Fear School, Mental Preparation.
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Penerbitan > Prodi Penerbitan
Depositing User: Hersita Triandini
Date Deposited: 02 Sep 2022 01:42
Last Modified: 02 Sep 2022 01:42
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/372

Actions (login required)

View Item
View Item