PERANCANGAN DESAIN KEMASAN PRODUK SARUPA

Erwin, Doni (2022) PERANCANGAN DESAIN KEMASAN PRODUK SARUPA. Diploma thesis, POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF PSDKU MEDAN.

[thumbnail of Repository Doni.pdf] Text
Repository Doni.pdf

Download (528kB)

Abstract

ABSTRAK

Semakin berkembangnya zaman, sebuah toko fashion terus berinovasi untuk selalu terlihat hidup dan tidak ketinggalan. Salah satunya dalam hal pengemasan produk yang didesain khusus untuk memperkenalkan produk dan mampu memenuhi sifat fungsional, ergonomis, dan estetik. Sehingga semakin berkembangnya zaman sebuah toko fashion mulai membuat desain kemasannya sendiri untuk memperkenalkan karakter dan kualitas produk yang dijual. Perancangan desain kemasan ini adalah sebagai media promosi produk yang dijual dari Sarupa dan dipakai pada saat penjualan dengan konsumen. Dengan adanya desain kemasan ini akan membantu produk untuk dipromosikan kepada para calon konsumen, karena Sarupa belum memiliki desain kemasan yang bisa menjadi sebuah implementasi dari karakter dan kualitas produk yang dijual. Adapun tujuan penelitian ini antara lain untuk mengembangan ide konsep perancangan desain pada kemasan yang sesuai dengan karakter Sarupa, umtuk menjelaskan proses proses perancangan desain kemasan agar terlihat berkarakter, menjual dan untuk menampilkan hasil desain kemasan yang mampu membuat konsumen untuk membeli produk yang dijual. Metode penelitian ini menggunakan metode wawancara dan studi kepustakaan. Di dalam proses pembuatan desain kemasan diurutkan dari mulai sketsa kemudian layout dan terakhir adalah finishing melalui digital dengan mengunakan software Adobe Illustrator. Hasil akhir dari perancangan desain kemasan ini yaitu box kemasan untuk sepatu menggunakan kertas Tik dengan ukuran A1.

Kata Kunci : Perancangan, Desain Kemasan, Presentasi, Produk

ABSTRACT

With the development of the times, a fashion store continues to innovate to always look alive and not be left behind. One of them is in terms of product packaging which is specially designed to introduce the product and is able to meet the functional, ergonomic, and aesthetic properties. So that the era of a fashion store began to make its own packaging design to introduce the character and quality of the products sold. The design of this packaging design is as a promotional media for products sold from Sarupa and used when selling with consumers. With this packaging design, it will help the product to be promoted to potential consumers, because Sarupa does not yet have a packaging design that can be an implementation of the character and quality of the products being sold. The purpose of this research is to develop the concept of packaging design ideas that are in accordance with Sarupa's character, to explain the process of designing the packaging design process to make it look characterful, to sell and to display the results of packaging designs that are able to make consumers buy the products being sold. This research method uses interviews and literature study. In the process of making the packaging design, starting from the sketch, then the layout and finally finishing through digital using Adobe Illustrator software. The final result of this packaging design design is a packaging box for shoes using Tik paper with A1 size.
Keywords : Design, Packaging Design, Presentation, Product

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 3. Komda Saharja Purba, S.Kom, M.Pd selaku Dosen Pembimbing I Syafriyandi, S.Pd, M.Sn Selaku Dosen Pembimbing II
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Polimedia Medan > Prodi Desain Grafis
Depositing User: Doni Erwin
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:29
Last Modified: 03 Nov 2022 08:29
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/4151

Actions (login required)

View Item
View Item