Ubadah, Dhiya Althaf (2024) PERANCANGAN APLIKASI VIRTUAL REALITY “VRPLANETARY” SEBAGAI MEDIA EDUKASI TATA SURYA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN APLIKASI VIRTUAL REALITY “VRPLANETARY” SEBAGAI MEDIA EDUKASI TATA SURYA [thumbnail of PERANCANGAN APLIKASI VIRTUAL REALITY “VRPLANETARY” SEBAGAI MEDIA EDUKASI TATA SURYA]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Laporan TA Dhiya Althaf_20240043_Revisi-1-13.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (625kB)
Abstract
Virtual Reality (VR) telah berkembang pesat dan diterapkan dalam berbagai
bidang, termasuk pendidikan, untuk memberikan pengalaman imersif dan interaktif.
Penggunaan VR dalam pembelajaran, seperti untuk mempelajari biologi, pelatihan
anak dengan gangguan spektrum autisme, dan melatih kecakapan bicara bagi individu
dengan kecemasan, menunjukkan potensi besar teknologi ini. Dalam konteks
eksplorasi tata surya, VR memungkinkan pengguna untuk menjelajahi planet dan
satelit alami dengan sudut pandang 360 derajat, mengatasi keterbatasan penjelasan
konvensional. Penelitian ini mengembangkan aplikasi VRPlanetary yang bersumber
dari NASA, yang menawarkan visualisasi 3D detail dan pengalaman belajar baru.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini efektif sebagai media pembelajaran,
dengan skor rata-rata 4,74 dari skala Likert, menegaskan kemampuan VR dalam
meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep ilmiah yang kompleks.
Virtual Reality (VR) has rapidly evolved and is being applied across various fields,
including education, to provide immersive and interactive experiences. The use of VR
in learning, such as in studying biology, training children with autism spectrum
disorders, and improving speech skills for individuals with anxiety, demonstrates the
significant potential of this technology. In the context of solar system exploration, VR
allows users to navigate planets and natural satellites from a 360-degree perspective,
overcoming the limitations of conventional explanations. This research develops the
VRPlanetary application, sourced from NASA, which offers detailed 3D visualizations
and a novel learning experience. Testing results indicate that the application is
effective as a learning medium, achieving an average score of 4.74 on the Likert scale,
affirming VR's ability to enhance students' understanding of complex scientific
concepts.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Bapak Hafid Setyo Hadi, MT , Dosen Pembimbing I ; 2. Ibu Sari Setyaning Tyas, MTI , Dosen Pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | Media Edukasi, Tata Surya, Virtual Reality, Educational Media, Waterfall, Oculus, Solar System |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 02:40 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 02:40 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1087 |