PENGEMBANGAN GAME “SI ATOL” BERBASIS CLOUD COMPUTING, SEBAGAI 2D ARTIST DAN GAME DESIGNER

Tryanisha, Tryanisha (2022) PENGEMBANGAN GAME “SI ATOL” BERBASIS CLOUD COMPUTING, SEBAGAI 2D ARTIST DAN GAME DESIGNER. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENGEMBANGAN GAME “SI ATOL” BERBASIS CLOUD COMPUTING, SEBAGAI 2D ARTIST DAN GAME DESIGNER] Text (PENGEMBANGAN GAME “SI ATOL” BERBASIS CLOUD COMPUTING, SEBAGAI 2D ARTIST DAN GAME DESIGNER)
Preliminary_18820022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (846kB)

Abstract

Negara Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang kaya akan keanekaragaman budayanya, mulai dari suku, adat, bahasa, serta makanan atau jajanan tradisional. Jajanan tradisional di Indonesia banyak sekali jenis dan ragamnya. Pada era globalisasi saat ini, banyak proses berkembangnya era baru dalam hal kebudayaan maupun teknologi. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada, tim pengembang bermaksud melestarikan budaya salah satunya yaitu melestarikan jajanan tradisional yang akan di realisasikan dalam bentuk game. Pada proses pengembangan game ini, penulis menggunakan Game Design Document (GDD). GDD ini akan terus diperbarui menjadi lebih kompleks sehingga menjadi pedoman dalam pembuatan game tersebut. Dalam pembuatan Game Design Document ini, penulis berfokus pada pembuatan desain level pada game dan juga mendesain aset 2D. Pembuatan asset dilakukan dengan menggunakan software desain digital. Metode yang digunakan untuk melakukan kajian dalam pembuatan game “Si Atol” ini adalah dengan menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC), tahapan tersebut meliputi inisiasi, pra produksi, produksi, testing, beta, dan release. Dengan menjalankannya menggunakan sistem cloud, game “Si Atol” dapat berjalan pada perangkat komputer tanpa minimal spesifikasi.

Indonesia is known as a country that is rich in cultural diversity, ranging from ethnicity, customs, language, and traditional food or snacks. There are many types and varieties of traditional snacks in Indonesia. In the current era of globalization, there are many processes of developing a new era in terms of culture and technology. By utilizing existing technological developments, the development team intends to preserve culture, one of which is preserving traditional snacks which will be realized in the form of games. In the process of developing this game, the author uses Game Design Document (GDD). This GDD will continue to be updated to become more complex so that it becomes a guide in making the game. In making this Game Design Document, the author focuses on making level designs in games and also designing 2D assets. Asset creation is done using digital design software. The method used to conduct a study in making the game "Si Atol" is by using the Game Development Life Cycle (GDLC) method, the stages include initiation, pre-production, production, testing, beta, and release. By running it using a cloud system, the game "Si Atol" can run on computer devices without minimum specifications.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Yeni Nurhasanah S,Pd, M.T 2. Tita Aprilliawati Putri Santoso, S.ST., M.T.
Uncontrolled Keywords: Web Game, Dokumen Desain Game, Aset 2D.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Permainan
Depositing User: Tryanisha
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:11
Last Modified: 13 Sep 2022 03:11
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1347

Actions (login required)

View Item
View Item