PENGEMBANGAN PROGRAM PADA GAME “SI ATOL” BERBASIS CLOUD COMPUTING

Al Fatih, Akbar (2022) PENGEMBANGAN PROGRAM PADA GAME “SI ATOL” BERBASIS CLOUD COMPUTING. Diploma thesis, POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF.

[thumbnail of Preliminary_18820033.pdf] Text
Preliminary_18820033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (639kB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh masih sedikitnya game edukasi yang menyampaikan konten kebudayaan nasional pada web Itch.Io. Penelitian ini juga didasari oleh Perkembangan teknologi yang meluas penggunaannya hingga digunakan sebagai media bermain. Namun ditemukan sebuah masalah dimana permainan ini justru dapat membuat budaya asing masuk ditambah anak-anak lebih suka bermain game yang cenderung tidak sesuai dengan usia mereka bahkan cenderung memiliki unsur kekerasan didalamnya. Hal ini bisa dapat dihindari dengan membuat game yang mengangkat tema edukasi yang menyenangkan. Oleh karena itu, penulis dan tim memutuskan untuk membuat sebuah game berbasis cloud yang dapat ikut berkontribusi melestarikan budaya Indonesia dengan menggunakan game engine Unity3D. Pengembangan game menggunakan metode Game Design Life Cycle (GDLC) sebagai metode yang paling cocok dalam pengembangan game. Tahapan yang dialui dengan metode GDLC adalah inisiasi, pra-produksi, produksi, testing, beta testing dan release. Untuk cara pengumpulan data uji coba game menggunakan kuisioner guna mendapatkan hasil yang tepat dan akurat.

This research is based on the lack of educational games that deliver national cultural content on the Itch.Io web. This research is also based on the development of technology that extends its use to being used as a game media. However, a problem was found where this game can actually make foreign cultures enter to the country and children prefer to play games that tend to be inappropriate for their age and even tend to have elements of violence in it. This can be avoided by making educational game. Therefore, the author and the team decided to create a cloud-based game that can contribute to preserving Indonesian culture by using the Unity3D as a game engine and C# as the program language. Game development uses the Game Design Life Cycle (GDLC) method as the most suitable method in game development. The stages through the GDLC method are initiation, pre-production, production, testing, beta testing and release. For how to collect game trial data, the author is using a questionnaire in order to get precise and accurate results.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1.Yeni Nurhasanah S,Pd, M.T 2.Tita Aprilliawati Putri Santoso, S.ST., M.T.
Uncontrolled Keywords: Game, budaya tradisional, Unity 3D, C#, GDLC
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Permainan
Depositing User: Akbar Al Fatih
Date Deposited: 20 Sep 2022 08:08
Last Modified: 20 Sep 2022 08:08
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1372

Actions (login required)

View Item
View Item