PENGEMBANGAN GAME “SI ATOL” BERBASIS CLOUD COMPUTING SEBAGAI UI DESIGNER DAN 3D ARTIST

Elang Khatulistiwa, Chalvin (2022) PENGEMBANGAN GAME “SI ATOL” BERBASIS CLOUD COMPUTING SEBAGAI UI DESIGNER DAN 3D ARTIST. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENGEMBANGAN GAME “SI ATOL” BERBASIS CLOUD COMPUTING SEBAGAI UI DESIGNER DAN 3D ARTIST] Text (PENGEMBANGAN GAME “SI ATOL” BERBASIS CLOUD COMPUTING SEBAGAI UI DESIGNER DAN 3D ARTIST)
Preliminary_18820031.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (790kB)

Abstract

Negara Indonesia memiliki banyak sekali keanekaragaman mulai dari suku, Bahasa, adat istiadat hingga makanan. Seiring berjalannya era globalisasi membuat makanan dan jajanan tradisional mulai tersaingi oleh makanan dari barat. Dalam penelitian ini peneliti berfokus pada pembuatan dan pengembangan Desain User Interface dan Model 3 Dimensi Karakter pada game “Si Atol” dengan maksud menjaga dan melestarikan budaya salah satunya yaitu melestarikan jajanan tradisional yang akan di realisasikan dalam bentuk game. Game dapat menjadi salah satu sumber informasi yang dapat dijangkau oleh pengguna. Dalam pembuatan aset pada game ini peneliti menggunakan apliaksi Blender 3D sebagai sarana untuk membuat model 3D dan Unity 3D sebagai game engine serta untuk mengembangkan desain User Interface. Game “Si Atol” menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) dan menggunakan Cloud Computing agar membantu pemain mengakses program aplikasi secara online atau tanpa melakukan instalasi. Dalam pembuatan aset 3 Dimensi pada game “Si Atol” ini melewati beberapa tahap seperti Modelling , UV Mapping, Texturing, Ringging hingga animating.

Indonesia has a lot of diversity ranging from ethnicity, language, customs to food. As the era of globalization progresses, traditional foods and snacks are starting to be rivaled by foods from the west. In this study, researchers focused on the creation and development of User Interface Designs and 3 Dimensional Character Models in the game "Si Atol" with the intention of maintaining and preserving culture, one of which is preserving traditional snacks that will be realized in the form of games. Games can be a source of information that can be reached by users. In making assets in this game, researchers use the Blender 3D application as a means to create 3D models and Unity 3D as a game engine and to develop User Interface designs. The "Si Atol" game uses the Game Development Life Cycle (GDLC) method and uses Cloud Computing to help players access application programs online or without installation. In the creation of 3 Dimensional assets in the "Si Atol" game, it goes through several stages such as Modeling, UV Mapping, Texturing, Ringing to animating.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Yeni Nurhasanah, S.Pd, M.T. 2. Tita Aprilliawati Putri Santoso, S.ST., M.T.
Uncontrolled Keywords: Unity 3D, Blender 3D, User Interface.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Permainan
Depositing User: Chalvin Elang Khatulistiwa
Date Deposited: 16 Sep 2022 00:37
Last Modified: 16 Sep 2022 00:37
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1576

Actions (login required)

View Item
View Item