PENGENALAN BUDAYA JAKARTA MELALUI VIDEO INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SDN SUSUKAN 06

Khotimah, Aprilia Khusnul (2022) PENGENALAN BUDAYA JAKARTA MELALUI VIDEO INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SDN SUSUKAN 06. Diploma thesis, POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF.

[thumbnail of PENGENALAN BUDAYA JAKARTA MELALUI VIDEO INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN  DI SDN SUSUKAN 06] Text (PENGENALAN BUDAYA JAKARTA MELALUI VIDEO INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SDN SUSUKAN 06)
Preliminary_19012018_Aprilia Khusnul Khotimah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Judul Tugas Akhir : Pengenalan Budaya Jakarta Melalui
Video Interaktif Sebagai Media
Pembelajaran di SDN Susukan 06
Penulis : Aprilia Khusnul Khotimah
Pembimbing I : Sari Setyaning Tyas, S.Kom., M.Ti
Pembimbing II : Dwi Mandasari Rahayu, MM

The application of education is not only formal education but also cultural education. Currently, SDN Susukan 06 uses conventional learning media, namely the 2013 curriculum book in learning the introduction of Jakarta's culture, which still rarely uses learning media with multimedia technology. The purpose of writing this final project is to improve students in knowing, understanding the material and the enthusiasm for learning in the learning process is hampered. In overcoming this problem, the introduction of Jakarta culture through interactive video as a learning media is a good solution in studying the material so that students feel comfortable in the learning process. The data collection method used in this study is a qualitative method. By using data collection techniques in the form of observation, interviews, literature study and questionnaires. With the percentage of application trials of 92.18%, it can be stated that this application is very suitable for use by Android-based smartphone users. In this study, it is hoped that it will help students improve understanding of learning materials and foster a high interest in the love of Jakarta culture and improve learning with easy to understand learning.

Keywords: Interactive Video, Learning Media, Introduction to Jakarta Culture.

Penerapan pendidikan tidak hanya pendidikan formal saja melainkan juga terdapat pendidikan budaya. Saat ini SDN Susukan 06 menggunakan media pembelajaran metode konvensional yaitu buku kurikulum 2013 dalam pembelajaran pengenalan budaya Jakarta yang masih jarang memanfaatkan media pembelajaran dengan teknologi multimedia. Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk meningkatkan siswa dalam mengetahui, memahami materi dan semangat belajar dalam proses pembelajaran menjadi terhambat. Dalam mengatasi masalah tersebut pengenalan budaya Jakarta melalui video interaktif sebagai media pembelajaran solusi yang baik dalam mempelajari materi agar siswa merasa nyaman dalam proses pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, studi pustaka dan kuesioner. Dengan persentase uji coba aplikasi sebesar 92,18% dapat dinyatakan bahwa aplikasi ini sangat layak untuk dipublikasikan dan digunakan oleh pengguna smartphone berbasis android. Dalam penelitian ini diharapkan membantu peserta didik meningkatkan pemahaman materi pembelajaran serta menumbuhkan minat kecintaan yang tinggi dalam budaya Jakarta dan meningkatkan pembelajaran dengan mudah untuk memahami pembelajaran.

Kata Kunci: Video Interaktif, Media Pembelajaran, Pengenalan Budaya Jakarta.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing I : Sari Setyaning Tyas, S.Kom., M.Ti Pembimbing II : Dwi Mandasari Rahayu, MM
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Aprilia Khusnul Khotimah
Date Deposited: 16 Sep 2022 09:20
Last Modified: 16 Sep 2022 09:20
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1659

Actions (login required)

View Item
View Item