PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH PEPERANGAN DI INDONESIA BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK SMA NEGERI 4 TAMBUN SELATAN

Putri, Renita Yuliani (2022) PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH PEPERANGAN DI INDONESIA BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK SMA NEGERI 4 TAMBUN SELATAN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH PEPERANGAN DI INDONESIA BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK SMA NEGERI 4 TAMBUN SELATAN] Text (PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH PEPERANGAN DI INDONESIA BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK SMA NEGERI 4 TAMBUN SELATAN)
Preliminary_19012118.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (767kB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran sejarah di SMA Negeri 4 Tambun Selatan menggunakan media pembelajaran berupa buku paket. Media pembelajaran yang memakai buku teks cenderung monoton, dan sistem ceramah akan membuat siswa merasa bosan sehingga akan berpengaruh pada semangat siswa untuk belajar ditambah lagi dengan materi yang banyak yang mengharuskan siswa untuk menghafal rangkaian alur sebuah peristiwa. Hal ini akan menyebabkan pemahaman siswa terhadap suatu materi akan menurun. Maka dari itu dibuatlah solusi dalam tugas akhir ini untuk membuat sebuah aplikasi augmented reality yang didalamnya memuat materi mengenai perang melawan kolonial belanda diantaranya perang pattimura, perang diponegoro, dan perang batak yang diharapkan dengan adanya media pembelajaran baru ini dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran serta menumbuhkan minat dan semangat siswa dalam belajar. Dari hasil uji kebergunaan aplikasi diperoleh hasil sebesar 86,4 % yang termasuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan oleh pengguna.

History learning activities at SMA Negeri 4 Tambun Selatan use learning media in the form of package books. Learning media that use textbooks tend to be monotonous, and the lecture system will make students feel bored so that it will affect the enthusiasm of students to learn coupled with a lot of material that requires students to memorize a series of events. This will cause students' understanding of a material to decrease. Therefore, a solution was made in this final project to create an augmented reality application which contains material about the war against the Dutch colonial including the Pattimura war, the Diponegoro war, and the Batak war. and foster student interest and enthusiasm in learning. From the results of the application usability test, the results obtained are 86.4% which is included in the very feasible category for use by users.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Sari Setyaning Tyas, M.Ti. Yudha Pradana, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Media Pembelajaran, Sejarah Perang
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Renita Yuliani Putri
Date Deposited: 28 Sep 2022 02:03
Last Modified: 28 Sep 2022 02:03
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2313

Actions (login required)

View Item
View Item