PERANCANGAN APLIKASI GAME EDUKASI KUIS INTERAKTIF MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR

Adriansyah, Miftahul Sheva (2022) PERANCANGAN APLIKASI GAME EDUKASI KUIS INTERAKTIF MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN APLIKASI GAME EDUKASI KUIS INTERAKTIF MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR] Text (PERANCANGAN APLIKASI GAME EDUKASI KUIS INTERAKTIF MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR)
Preliminary_19012069.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (517kB)

Abstract

ABSTRAK
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam adalah materi umum pembelajaran di Sekolah Dasar, Siswa menganggap Matematika adalah pelajaran yang sulit dipahami begitupun dengan Ilmu Pengetahuan Alam yang mereka anggap terlalu banyak istilah asing. Hal ini membuat anak – anak kesulitan untuk belajar, berkembangnya teknologi juga memudahkan anak untuk bermain gadget termasuk game, yang membuat anak – anak terlalu adiksi pada game dan lebih memilih bermain game daripada belajar. Untuk mengatasi hal ini, Maka dari itu Media pembelajaran seperti Game Edukasi menjadi solusi untuk masalah ini. Aplikasi Game Edukasi Kuis Interaktif Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam dirancang dengan Unity dengan aset gambar yang dibuat di Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator. Penulis melakukan uji pengguna atau user testing untuk mengetahui bagaimana penilaian user experience dan manfaat penggunaan aplikasi dari sisi user. Uji coba ini mengambil sebanyak 5 orang secara acak pada murid Sekolah Dasar. Dengan mendapat total skor 428 Poin, dengan rumus Total skor / Skor Maksimal x 100%. Maka didapat angka 428 / 500 x 100% = 85,6 % dan dapat diartikan bahwa aplikasi Kuis Interaktif Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Anak Sekolah Dasar sudah Sangat Baik untuk dipublikasikan.

ABSTRACT
Mathematics and Natural Sciences are common learning materials in Elementary Schools. Students consider Mathematics a difficult subject to understand as well as Natural Sciences which they consider too many foreign terms. This makes it difficult for children to learn, the development of technology also makes it easier for children to play gadgets including games, which makes children too addicted to games and prefer to play games rather than study. To overcome this, learning media such as educational games are the solution to this problem. Mathematics And Natural Sciences Interactive Quiz Educational Game Application designed with Unity with image assets created in Adobe Photoshop and Adobe Illustrator. The author conducts user testing or user testing to find out how the user experience is assessed and the benefits of using the application from the user side. This trial took as many as 5 people randomly from elementary school students. By getting a total score of 428 Points, with the formula Total score / Maximum Score x 100%. Then the number 428 / 500 x 100% = 85.6% and it can be interpreted that the Mathematics and Natural Sciences Interactive Quiz Application for elementary school children is very good to be published.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Nama Pembimbing: Rudy Cahyadi, M.T Yudha Pradana, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Anak - Anak, Media Pembelajaran, Game Edukasi, Kuis Interaktif Keywords: Mathematics, Natural Sciences, Children, Learning Media, Educational Games, Interactive Quiz
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Miftahul Sheva Adriansyah
Date Deposited: 07 Sep 2022 04:53
Last Modified: 07 Sep 2022 04:53
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/237

Actions (login required)

View Item
View Item