Aria Kusuma, Ibnu (2022) Pembuatan Game Penunjang Budaya Permainan Tradisional Nglarak Blarak Berbasis Android. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![[thumbnail of Pembuatan Game Penunjang Budaya Permainan Tradisional Nglarak Blarak Berbasis Android]](http://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Preliminary_18810045.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (214kB)
Abstract
Indonesia memiliki budaya, tradisi, dan adat istiadat yang beragam yang tidak banyak diketahui oleh generasi muda. Budaya dan tradisi yang dipercaya turun temurun dan merupakan identitas bangsa harus dijaga dan dilestarikan oleh para penerus bangsa. Beberapa di antaranya adalah permainan tradisional Nglarak Blarak. Banyaknya game modern membuat permainan tradisional yang ada di Indonesia menjadi terlantar, hanya beberapa orang saja yang memahami permainan tradisional tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan media baru dalam rangka permainan tradisional yang menarik dan interaktif agar masyarakat akan tertarik untuk mencoba permainan tradisional yaitu dengan permainan berbasis Android permainan tradisional Indonesia. Pada tahap implementasi, pada sisi aplikasi yang akan di bangun ini menggunakan bahasa pemrograman Java, Software Development Kit (SDK) dan teks yang membangunnya dengan game engine dari Unity. Serta desain asset dibuat menggunakan Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator. Untuk uji penggunaannya menggunakan smartphone yang berbasis android
Kata kunci 1, permainan tradisional 2, Nglarak Blarak 3, Android
Indonesia has a variety of cultures, traditions, and customs that are not widely known by the younger generation. Cultures and traditions that are believed to be passed down from generation to generation and are the nation's identity must be maintained and preserved by the nation's successors. Some of them are the traditional game of Nglarak Blarak. The number of modern games makes traditional games in Indonesia neglected, only a few people understand these traditional games. Therefore, new media is needed in the context of interesting and interactive traditional games so that people will be interested in trying traditional games, namely Android-based games, traditional Indonesian games. At the implementation stage, on the application side, the Java programming language, Software Development Kit (SDK) and the text that was built using the game engine from Unity were used. As well as asset designs created using Adobe Photoshop and Adobe Illustrator. To test its use using an smartphone based Android.
Keywords 1, traditional game 2, Nglarak Blarak 3, Android
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Purnomo Ananto, M.M Pembimbing II : Hafid Setyo Hadi, MT |
Uncontrolled Keywords: | Traditional Game, Nglarak Blarak, Android |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia |
Depositing User: | Ibnu Aria Kusuma |
Date Deposited: | 30 Sep 2022 01:55 |
Last Modified: | 30 Sep 2022 01:55 |
URI: | http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2483 |