Perancangan Papan Permainan dalam Pengenalan Buah-buahan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 15 Medan

Ayu, Fathimah Nirmala (2022) Perancangan Papan Permainan dalam Pengenalan Buah-buahan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 15 Medan. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Keratif.

[thumbnail of Perancangan Papan Permainan dalam Pengenalan Buah-buahan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 15 Medan] Text (Perancangan Papan Permainan dalam Pengenalan Buah-buahan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 15 Medan)
Preliminary_19151019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (603kB)

Abstract

Pada umumnya anak usia dini senang dengan bermain, biasanya anak-anak akan lebih mudah mengingat peristiwa-peristiwa kecil saat bermain. Karena itu saat yang paling tepat mengajak anak untuk belajar, walaupun sebenarnya bermain merupakan bagian dari belajar itu sendiri. Namun Media pembelajaran yang digunakan guru di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 15 medan kurang menarik dan kurang efektif, belum adanya fasilitas papan permainan yang disediakan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran, jadi siiswa-siswi TK mengalami kesulitan dalam memahami bentuk dan rupa pada buah-buahan. Maka dari itu rumusan masalah pada tugas akhir ini ialah bagaimana proses dalam pembuatan papan permainan dan bagaimana hasil dari rancangan papan permainan untuk siswa-siswi TK Aisyiyah Bustanul Athfal 15 Medan. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menjelaskan tahapan perancangan papan permainan untuk saiswa-siswi TK aisyiyah Bustanul Athfal 15 medan serta untuk mengetahui hasil dari rancangannya. Teknik pada pengumpulan data pada tugas akhir ini ialah dengan mendatangi langsung TK Aisyiyah Bustanul Athfal 15 Medan dan mewawancarai Kepala Sekolah. Media pembelajaran yang disajikan dalam bentuk papan permainan dengan menerapkan melalui tahap sketsa, layouting yang menggunakan Software Ibis Paint untuk membuat ilustrasi dari buah-buahan dan Adobe Photoshop digunakan untuk menggabungkan keseluruhan dari ilustrasi, warna dan tipografi. Hsil dari perancangan papan permaianan ini membuat siswa lebih senang dan cepat dalam memahami bentuk dan rupa buah-buahan. Maka dapat disimpulkan bahwa media papan permainan ini dapat mendukung pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Rommel Sinaga, S.Pd., M.Pd Faudunasokhi Telaumbanua, SE.,MM
Uncontrolled Keywords: Papan Permainan, ilustrasi, buah-buahan
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Polimedia Medan > Prodi Desain Grafis
Depositing User: Fathimah Nirmala Ayu
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:16
Last Modified: 03 Oct 2022 07:16
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2590

Actions (login required)

View Item
View Item