PERANCANGAN ANIMASI DUA DIMENSI "DAMPAK PENGGUNAAN GADGET BERLEBIHAN" PADA SISWA SEKOLAH DASAR ADVENT 2 MEDAN

Nainggolan, Bringinna Putri (2022) PERANCANGAN ANIMASI DUA DIMENSI "DAMPAK PENGGUNAAN GADGET BERLEBIHAN" PADA SISWA SEKOLAH DASAR ADVENT 2 MEDAN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN ANIMASI DUA DIMENSI "DAMPAK PENGGUNAAN GADGET BERLEBIHAN" PADA SISWA SEKOLAH DASAR ADVENT 2 MEDAN] Text (PERANCANGAN ANIMASI DUA DIMENSI "DAMPAK PENGGUNAAN GADGET BERLEBIHAN" PADA SISWA SEKOLAH DASAR ADVENT 2 MEDAN)
Preliminary_19152011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (703kB)

Abstract

Cara pandang orang tua dengan memberi gadget pada anak menjadi dampak negatif seperti tidak bisa lepas dari gadget bahkan menjadi kecanduan dan kehilangan konsentrasi dalam berpikir. Maka dari itu pembuatan animasi dua dimensi ini bertujuan untuk membangun edukasi anak-anak khususnya usia 6-12 agar dapat memahami bahwa penggunaan gadget berlebihan dapat berdampak pada kesehatan, merusak konsentrasi dalam belajar hingga kecanduan. Dengan adanya edukasi ini diharapkan lebih memperhatikan penggunaan gadget agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Metode penulisan Tugas Akhir ini membutuhkan data-data yang akurat berasal dari Sekolah Dasar Advent 2 Medan. Adapun beberapa teknik dalam mengumpulkan data yang digunakan menjadi sumber data dalam penulisan Tugas Akhir ini yakni, Obsevasi, Wawancara dan Studi Pustaka. Selanjutnya, video animasi dua dimensi ini dapat ditampilkan kepada seluruh siswa Sekolah Dasar Advent 2 Medan dan juga di berbagai sosial media agar lebih mudah di akses oleh banyak orang.

Giving children electronics from a parent's perspective results in negative effects including being unable to break free from gadgets, even developing an addiction, and losing focus when thinking. The goal of creating this two-dimensional animation is to educate kids, especially those between the ages of 6 and 12, about how excessive use of technology can harm one's health, impair one's ability to concentrate while learning, and lead to addiction. With this teaching, it is intended that individuals will utilize technology more carefully, preventing unpleasant events from occurring in the future. The Adventist 2 Medan Elementary School must provide precise data for this final project's writing process. Several methods of data collection, including observation, interviews, and literature studies, are employed as data sources for this final project. Additionally, to make it easier for many people to access, this two-dimensional animated video can be shown to all kids at Adventist 2 Medan Elementary School as well as on other social media platforms.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Khairil Anwar, SE., S.Kom., M.Kom Raju Gobal, SE., M.M
Uncontrolled Keywords: Animasi, gadget, sekolah dasar Animation, gadget, elementary school
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Polimedia Medan > Prodi Multimedia
Depositing User: Bringinna Putri Nainggolan
Date Deposited: 05 Oct 2022 07:37
Last Modified: 05 Oct 2022 07:37
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2639

Actions (login required)

View Item
View Item