PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK UNTUK SEKOLAH DASAR

Nugroho, Ramaditya (2022) PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK UNTUK SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

[thumbnail of PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK UNTUK SEKOLAH DASAR] Text (PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK UNTUK SEKOLAH DASAR)
Premilinary_19012115.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

SDN Jagakarsa 02 Pagi adalah pendidikan tingkat dasar, SDN Jagakarsa 02 pagi ini terletak di Jalan Sirsak Jagakarsa Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan. Di SDN Jagakarsa 02 pagi ini memiliki sistem pembelajaran secara manual atau melalui buku paket dalam menjelaskan permainan tradisional engklek pada mata pelajaran seni budaya.
Observasi langsung ke SDN Jagakarsa 02 pagi, penulis menyadari kurang efektifnya pembelajaran secara manual atau buku paket khususnya pada mata pelajaran seni budaya di SDN Jagakarsa 02 pagi. Melihat dari permasalahan tersebut, penulis ingin memberikan solusi dengan menjelaskan permainan tradisional engklek kepada guru dan siswa SDN Jagakarsa 02 pagi melalui aplikasi interaktif tentang permainan tradisional engklek di SDN Jagakarsa 02 pagi.
Aplikasi ini memiliki fitur utama augmented reality yang akan memunculkan video motion graphic. Yang kemudian akan menampilkan penjelasan terkait cara bermain dan manfaat dari permainan tradisional engklek guna memberikan informasi terkait pembelajaran permainan tradisional engklek dengan menggunakan media baru berupa augmented reality agar lebih interaktif dan menarik sehingga diharapkan dapat meningkatkan antusias belajar siswa di SDN Jagakarsa 02 pagi. Aplikasi ini dibangun menggunakan perangkat lunak Unity dengan engine augmented reality Vuforia dan perangkat lunak lainnya sehingga aplikasi ini dapat digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Hafid Setyohadi, MT Jati Raharjo,M. Sn
Uncontrolled Keywords: SDN Jagakarsa 02 Pagi, Jagakarsa, Media Pembelajaran, Augmented Reality
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Ramaditya Nugroho
Date Deposited: 17 Oct 2022 02:37
Last Modified: 17 Oct 2022 02:37
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2970

Actions (login required)

View Item
View Item