PENGENALAN HARDWARE KOMPUTER BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK PEMBELAJARAN SISWA SMP DHARMA PERTIWI

Dwianto, Nauval (2022) PENGENALAN HARDWARE KOMPUTER BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK PEMBELAJARAN SISWA SMP DHARMA PERTIWI. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENGENALAN HARDWARE KOMPUTER BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK PEMBELAJARAN SISWA SMP DHARMA PERTIWI] Text (PENGENALAN HARDWARE KOMPUTER BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK PEMBELAJARAN SISWA SMP DHARMA PERTIWI)
PENGENALAN HARDWARE KOMPUTER BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK PEMBELAJARAN SISWA SMP DHARMA PERTIWI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (418kB)

Abstract

The importance of knowledge about computer hardware in today's modern era is as learning that aims to provide broad insight into current technological developments. The 7th grade students of Dharma Pertiwi Junior High School in Depok have difficulty in knowing the shape of computer hardware. Because of the limitations of learning media that only relies on seeing pictures in books. Seeing from these problems, the author wants to provide a solution by learning to use computer hardware recognition applications. The method used in this research is a descriptive qualitative method. By using data collection techniques in the form of interviews, observations and literature studies. This application has the main feature of augmented reality which will bring up 3D Objects. Which will then display 3D computer hardware to make it easier for 7th grade students of Dharma Pertiwi Middle School to understand the shape of computer hardware. In this study, it is hoped that it will improve the cognitive aspects of students, help students improve understanding of learning materials and foster interest in the latest technology. This application has been tested with a percentage of 84.7% which states that this Android-based interactive application is very suitable for use by students.

Pentingnya pengetahuan tentang hardware komputer di era modern saat ini adalah sebagai pembelajaran yang bertujuan untuk memberikan wawasan yang luas tentang perkembangan teknologi saat ini. Siswa - siswi kelas 7 SMP Dharma Pertiwi Depok mengalami kesulitan dalam mengetahui bentuk hardware komputer. Karna keterbatasan media pembelajaran yang hanya mengandal melihat gambar yang ada dibuku saja. Melihat dari permasalahan tersebut, penulis ingin memberikan solusi dengan pembelajaran menggunakan aplikasi pembelajaran pengenalan hardware komputer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Dengan menggunakan teknik pengambilan data berupa wawancara, observasi dan studi pustaka. Aplikasi ini memiliki fitur utama augmented reality yang akan memunculkan 3D Objek. Yang kemudian akan menampilkan 3D hardware Komputer guna mempermudah siswa kelas 7 SMP Dharma Pertiwi memahami bentuk hardware komputer. Dalam penelitian ini diharapkan akan meningkatkan aspek kognitif peserta didik, membantu peserta didik meningkatkan pemahaman materi pembelajaran serta menumbuhkan minat terhadap teknologi terbaru. Aplikasi ini telah dilakukan uji coba dengan presentase 84,7% yangmenyatakan bahwa aplikasi interaktif berbasis android ini sangat layak digunakan oleh para siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Agung Budi Prasetyo, MT 2. Rudy Cahyadi, MT
Uncontrolled Keywords: Computer Hardware, Learning Media, Augmented Reality. Hardware Komputer, Media Pembelajaran, Augmented Reality.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Nauval Dwianto
Date Deposited: 17 Oct 2022 05:00
Last Modified: 17 Oct 2022 05:00
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3037

Actions (login required)

View Item
View Item