PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI DI SHOWROOM PONCA CLASSIC GARAGE

Akbar, Arif (2022) PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI DI SHOWROOM PONCA CLASSIC GARAGE. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI DI SHOWROOM PONCA CLASSIC GARAGE] Text (PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI DI SHOWROOM PONCA CLASSIC GARAGE)
Preliminary_19012019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (655kB)

Abstract

This research focuses on creating augmented reality applications as a promotional media in the Ponca Classic Garage showroom. The purpose of this study was to assist the showroom in making innovations in the field of promotion through markerless augmented reality technology by making 3D objects from retro cars for sale. This application development method is the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) method, which has six stages. Created using Unity software and the EasyAR SDK augmented reality engine. The data collection method is carried out through interviews, surveys, and direct observation. The results showed that retro car 3D applications with markerless augmented reality technology have been successfully designed and implemented on Android smartphones. Based on the results of application testing, the entire functional button is declared to have been successfully executed according to its function. Acceptable and easy to use for users.

Penelitian ini berfokus pada pembuatan aplikasi augmented reality sebagai media promosi di showroom Ponca Classic Garage. Tujuan penelitian ini dibuat untuk membantu pihak showroom dalam membuat suatu inovasi bidang promosi melalui teknologi markerless augmented reality dengan membuat objek 3D dari mobil retro yang dijual. Metode pengembangan aplikasi ini adalah metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang memiliki 6 (enam) tahapan. Dibuat dengan menggunakan software Unity dan engine augmented reality EasyAR SDK. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, survei, dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi 3D mobil retro dengan teknologi markerless augmented reality telah berhasil dirancang dan diimplementasikan pada smartphone Android. Berdasarkan hasil pengujian aplikasi, keseluruhan fungsional tombol dinyatakan telah berhasil dijalankan sesuai fungsinya. Dapat diterima (acceptable) dan mudah digunakan oleh pengguna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Agung Budi Prasetyo, M.T. 2. Yuyun Khairunisa, S.Si., M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Media Promosi, Mobil Retro, Aplikasi, Augmented Reality, Unity
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Arif Akbar
Date Deposited: 18 Oct 2022 08:59
Last Modified: 18 Oct 2022 08:59
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3178

Actions (login required)

View Item
View Item