PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BERBASIS MOTION GRAPHIC UNTUK RA AL-KAHFI MEDAN

Ananda, Mhd Rifky (2022) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BERBASIS MOTION GRAPHIC UNTUK RA AL-KAHFI MEDAN. Diploma thesis, POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF.

[thumbnail of PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BERBASIS MOTION GRAPHIC UNTUK RA AL-KAHFI MEDAN] Text (PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BERBASIS MOTION GRAPHIC UNTUK RA AL-KAHFI MEDAN)
Repository Rifky.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan anak dalam menangkap materi pembelajaran berbeda-beda. Beberapa anak dapat mengerti materi pelajaran dengan hanya satu kali penjelasan guru, beberapa anak harus mengulang beberapa kali untuk mengerti materi, dan kesukaran dalam menghitung dapat terjadi karena ternyata anak tersebut memiliki kecerdasar visual, yang dimana bisa menerima materi lebih mudah dengan bantuan media visual. Anak yang memiliki kecerdasan visual rata-rata kurang dalam menghitung. Adanya perkembangan teknologi, anak sudah familiar dengan tontonan video dan kartun animasi. Oleh karena itu untuk meningkatkan daya tarik siswa diperlukan sebuah media pembelajaran berbasis motion graphic. Penggunaan media yang menarik ini dilakukan agar anak lebih senang belajar, terutama dalam berhitung karena pada pendidikan selanjutnya yaitu Sekolah Dasar pembelajaran ini akan lebih dikembangkan dan anak harus siap akan hal itu.
Dalam penelitian ini, penulis melakukan perancangan media pembelajaran berbasis motion graphic yang diharapkan dapat menaikkan minat belajar siswa. Motion graphic adalah media pembelajaran audio visual dimana gambar atau grafis diberikan teknologi animasi untuk menciptakan gerak, dimana pada tahap perancangan media pembelajaran ini menggunakan bebrapa software pendukung diantaranya Adobe Illustrator CC 2019 untuk melalukan proses desain aset, Adobe After Effect CC 2020 untuk melakukan proses pembuatan animasi, dan Adobe Premier CC 2020 untuk penyatuan video dengan backsound dan dubbing.

Children's ability to grasp learning material is different. Some children can understand the content of the lesson with only one teacher's explanation, some children have to repeat several times to understand the material, and difficulties with counting can occur because it turns out that the child has a visual intelligence, which can receive the material more easily with help visual media. Children with visual intelligence are on average poor at counting. With the development of technology, children are used to watching animated videos and cartoons. Therefore, to increase the attractiveness of students, learning media based on motion graphics is needed. The use of interesting media is done so that children have more fun learning, especially in counting because in the next education, which is Primary School, this learning will be more developed and children need to be prepared for it.
In this study, the author designed learning media based on motion graphics which is expected to increase students' interest in learning. Motion graphic is an audio- visual learning media where images or graphics are given animation technology to create movement, where at the design stage this learning media uses several supporting software including Adobe Illustrator CC 2019 to carry out the asset design process, Adobe After Effects CC 2020 to run the animation creation process. , and Adobe Premier CC 2020 for video mixing with background sound and dubbing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Yusnia Sinambela,S.T,.M.T Fitri Evita,S.Pd.,M.Sn
Uncontrolled Keywords: media, learning, motion, graphic
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Medan > Prodi Multimedia
Depositing User: Mhd. Rifky Ananda
Date Deposited: 27 Oct 2022 02:56
Last Modified: 27 Oct 2022 02:56
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3783

Actions (login required)

View Item
View Item