RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOTION GRAPHIC UNTUK MENGENAL BANGUN DATAR DI TINGKAT KELAS 2 SD IT AL-FAZHIRA MEDAN

Muthiah, Jihan (2022) RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOTION GRAPHIC UNTUK MENGENAL BANGUN DATAR DI TINGKAT KELAS 2 SD IT AL-FAZHIRA MEDAN. Diploma thesis, POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF.

[thumbnail of RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOTION GRAPHIC UNTUK MENGENAL BANGUN DATAR DI TINGKAT KELAS 2 SD IT AL-FAZHIRA MEDAN] Text (RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOTION GRAPHIC UNTUK MENGENAL BANGUN DATAR DI TINGKAT KELAS 2 SD IT AL-FAZHIRA MEDAN)
Preliminary_19152041.PDF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Matematika adalah ilmu yang menekankan pada penalaran. Matematika adalah ilmu yang berkaitan dalam kehidupan sehari-hari. Namun matematika menjadi pembelajarn yang kurang disuka karena bersifat abstak. Kesukaran dalam pembelajaran matematika ini akan mempengaruhi pada pendidikan selanjutnya. Untuk mengatasi masalah ini, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi maka dapat dilakukan pembaharuan dalam pembelajaran dengan menggunakan media yang menarik. Oleh karena itu, dalam peneltian ini penulis melakukan rancang bangun untuk membuat media pembelajaran matematika untuk mengenal bangun datar berbasis motion graphic dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dibidang pendidikan. Motion graphic sendiri adalah media yang menggunakan rekaman video dan teknologi animasi untuk menciptakan ilusi gerak. Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah menjabarkan proses rancang bangun media pembelajaran berbasis motion graphic, dimana pada tahap perancangan media pembelajaran ini menggunakan bebrapa software pendukung diantaranya Adobe Illustrator CC 2019 untuk melalukan proses desain aset, Adobe After Effect CC 2020 untuk melakukan proses pembuatan animasi, dan Adobe Premier CC 2020 untuk melalukan proses penyatuan clip animasi dengan backsound, dubbing, dan sound effect.

Mathematics is a science that emphasizes reasoning. Mathematics is a science related to daily life. However, mathematics is a less popular learning because it is abstract. These difficulties in learning mathematics will affect further education. To overcome these problems, by taking advantage of technological advances can be made reforms in learning by using interesting media. Therefore, in this research, the authors plan to create a mathematics learning media to recognize flat shapes based on motion graphics by utilizing technological developments in the field of education. Motion graphics are media that use video recording and animation technology to create the illusion of motion. The purpose of writing this Final Project is to describe the design process of learning media based on motion graphics, where at the design stage of this learning media uses some supporting software including Adobe Illustrator CC 2019 to run the asset design process, Adobe After Effect. CC 2020 to run the animation creation process, and Adobe Premier CC 2020 to run the process of merging animated clips with background sound, dubbing and sound effects.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Dewantoro Lase,S.Kom.,M.Kom Nurianti Sitorus,SS.M.Hum
Uncontrolled Keywords: Shape, Learning Media, Motion Graphic
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Medan > Prodi Multimedia
Depositing User: Jihan Muthiah
Date Deposited: 27 Oct 2022 02:57
Last Modified: 27 Oct 2022 02:57
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3785

Actions (login required)

View Item
View Item