PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BERBASIS MOTION GRAPHIC UNTUK RA AL-KAHFI MEDAN

Ananda, Mhd Rifky (2022) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BERBASIS MOTION GRAPHIC UNTUK RA AL-KAHFI MEDAN. Diploma thesis, POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF.

[thumbnail of PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BERBASIS MOTION GRAPHIC UNTUK RA AL-KAHFI MEDAN] Text (PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BERBASIS MOTION GRAPHIC UNTUK RA AL-KAHFI MEDAN)
Preliminary_19152049.PDF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan anak dalam menangkap materi pembelajaran berbeda-beda. Bebrapa anak dapat mengerti materi pelajaran dengan hanya satu kali penjelasan guru, beberapa anak harus mengulang beberapa kali untuk mengerti materi, dan kesukaran dalam menghitung dapat terjadi karena ternyata anak tersebut memiliki kecerdasan visual, yang dimana bisa menerima materi lebih mudah dengan bantuan media visual. Anak yang memiliki kecerdasan visual rata-rata kurang dalam menghitung. Adanya perkembangan teknologi, anak sudah familiar dengan tontonan video dan kartun animasi. Oleh karena itu untuk meningkatkan daya tarik siswa diperlukan sebuah media pembelajaran berbasis motion graphic. Penggunaan media yang menarik ini dilakukan agar anak lebih senang belajar, terutama dalam berhitung karena pada pendidikan selanjutnya yaitu Sekolah Dasar pembelajaran ini akan lebih dikembangkan dan anak harus siap akan hal itu. Dalam penelitian ini, penulis melakukan perancangan media pembelajaran berbasis motion graphic yang diharapkan dapat menaikkan minat belajar siswa. Motion graphic adalah media pembelajaran audio visual dimana gambar atau grafis diberikan teknologi animasi untuk menciptakan gerak, dimana pada tahap perancangan media pembelajaran ini menggunakan beberapa software pendukung diantaranya Adobe Illustrstor CC 2020 untuk melakukan proses desain aset, Adobe After Effcer CC 2020 untuk melakukan proses pembuatan animasi, dan Adobe Premier CC 2020 untuk penyatuan video dengan backsound dan dubbing.

Education is everything that is done to change others, both individuals and groups to be able to do something that has been determined. Education should be provided as early as possible. Educational development for early childhood is a cognitive aspect and a physical motor aspect. Education for early age is implemented in a fun way, as it is oriented to play while -learning activities. Therefore, learning for early childhood needs to be specifically designed to be more interesting to attract students. The absence of attractive learning media can reduce students' interest in learning, especially in mathematics learning. It's no secret that mathematics is often an undesirable subject. Therefore, there is a need for innovation in the learning process by adding interesting media. In this study, the authors designed a motion graphics -based learning media that is expected to increase students "interest in learning. Motion graphics are audio-visual learning media in which images or graphics are given animation technology to create motion, where at the learning media design stage it uses several supporting software such as Adobe Illustrator CC 2019 to run the asset design process, Adobe After Effect CC 2020 to run the animation creation process, and Adobe Premier CC 2020 for video integration with backsound and dubbing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Yusnia Sinambela,S.T.,M.T Fitri Evita,S.Pd.,M.Sn
Uncontrolled Keywords: media, learning, motion, graphic
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Medan > Prodi Multimedia
Depositing User: Mhd. Rifky Ananda
Date Deposited: 27 Oct 2022 02:57
Last Modified: 13 Dec 2022 04:38
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3788

Actions (login required)

View Item
View Item