PENGEMBANGAN APLIKASI PERMAINAN 2D BERBASIS ANDROID "GEMAR MENGAJI: DASAR HIJAIYAH"

Ardiansyah, Andi (2023) PENGEMBANGAN APLIKASI PERMAINAN 2D BERBASIS ANDROID "GEMAR MENGAJI: DASAR HIJAIYAH". Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Pengembangan Aplikasi Permainan 2D Huruf Hijaiyah Berbasis Android "Gemar Mengaji: Dasar Hijaiyah"] Text (Pengembangan Aplikasi Permainan 2D Huruf Hijaiyah Berbasis Android "Gemar Mengaji: Dasar Hijaiyah")
LaporanTA_AndiArdiansyah_19021008_ToleranceStudio_Repository.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (841kB)

Abstract

Introducing the Hijaiyah letters to young children is of great importance as it provides numerous benefits, including serving as a foundation for learning to read and construct sentences. This remains significant even though children may face challenges due to the differences with the Latin letters used in the Indonesian language. In this development, the goal is to design engaging features for young children in a 2D arcade educational game focused on learning the Hijaiyah letters. Additionally, appropriate difficulty levels will be designed for each game feature. Appealing 2D visual designs will also be created. The method applied in developing this game application is by utilizing the Game Development Life Cycle (GDLC), an iterative development process consisting of six phases: initiation, concept, pre-production, production, beta testing, and release It can be concluded that the game has functioned and operated according to the planned design. The game has received positive responses and has proven to be quite effective in helping young children understand the basic concept of the Arabic alphabet (hijaiyah).
Keywords: Game 2D, Game Education, Arabical Alphabet, GDLC, Game Design Document

Mengenalkan huruf Hijaiyah kepada anak-anak usia dini memiliki kepentingan yang besar karena memberikan banyak manfaat, termasuk sebagai dasar untuk belajar membaca dan membangun kalimat. Meskipun anak-anak mungkin menghadapi tantangan karena perbedaan dengan huruf Latin yang digunakan dalam bahasa Indonesia. Dalam pengembangan ini, tujuannya adalah merancang fitur-fitur menarik bagi anak-anak usia dini dalam sebuah game edukasi 2D arcade yang fokus pada pembelajaran huruf Hijaiyah. Selain itu, akan dirancang tingkat kesulitan yang sesuai untuk setiap fitur permainan. Desain visual 2D yang menarik juga akan diciptakan. Metode yang diterapkan dalam pengembangan aplikasi game ini adalah dengan menggunakan Game Development Life Cycle (GDLC), yaitu proses pengembangan yang iteratif terdiri dari enam fase: inisiasi, konsep, pra-produksi, produksi, pengujian beta, dan perilisan. Dapat disimpulkan bahwa game telah berfungsi dan berjalan sesuai dengan rancangan dan desain yang telah dibuat, game mendapatkan respon yang baik dan game ini terbukti cukup efektif dalam membantu anak usia dini dalam memahami konsep dasar hijaiyah.
Kata Kunci: Permainan 2D, Permainan Edukasi, Huruf Hijaiyah, GDLC, Game Design Document

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Yuyun Khairunisa, M.Kom Citrani Eka Lamda Nur, S.Sn, M.Ikom
Uncontrolled Keywords: Permainan 2D, Permainan Edukasi, Huruf Hijaiyah, GDLC, Game Design Document
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Permainan
Depositing User: Andi Ardiansyah
Date Deposited: 04 Aug 2023 03:08
Last Modified: 04 Aug 2023 03:08
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/4292

Actions (login required)

View Item
View Item