PEMBUATAN ASSET GAME MOBILE VIRTUAL REALITY ESCAPE ROOM SEBAGAI MEDIA PENGENALAN KOLEKSI SEJARAH MUSEUM FATAHILLAH JAKARTA

Setia Ningsih, Putri (2023) PEMBUATAN ASSET GAME MOBILE VIRTUAL REALITY ESCAPE ROOM SEBAGAI MEDIA PENGENALAN KOLEKSI SEJARAH MUSEUM FATAHILLAH JAKARTA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMBUATAN ASSET GAME MOBILE VIRTUAL REALITY ESCAPE ROOM SEBAGAI MEDIA PENGENALAN KOLEKSI SEJARAH MUSEUM FATAHILLAH JAKARTA] Text (PEMBUATAN ASSET GAME MOBILE VIRTUAL REALITY ESCAPE ROOM SEBAGAI MEDIA PENGENALAN KOLEKSI SEJARAH MUSEUM FATAHILLAH JAKARTA)
Preliminary_19021048.pdf

Download (377kB)

Abstract

Museum Fatahillah yang terletak di DKI Jakarta adalah museum bersejarah yang mengalami penurunan jumlah pengunjung sebanyak 64% pada tahun 2021. Untuk mengatasi masalah tersebut, sebuah Game 3D Virtual Reality Escape Room dengan tema Museum Fatahillah. Game ini mengangkat ruangan yang terdapat pada Museum Fatahillah sebagai environment dalam game. Ruangan yang diangkat tersebut antara lain, ruang Tarumanegara, ruang Terbentuknya Batavia, dan ruang 1527. Game ini akan menantang pemain untuk menjalankan rintangan yang terkait dengan koleksi peninggalan sejarah di Museum Fatahillah. Perancangan game asset menjadi fokus penelitian penulis untuk membuat ruangan serta koleksi museum dengan akurat dalam bentuk 3D modeling yang menarik. Pembuatan game menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) yang melalui 6 tahapan, yaitu intiation, pre-production, production, testing, beta, dan release. Pada proses production menggunakan software Adobe Illustrator untuk desain 2D dan software Blender untuk desain 3D. Tahapan pembuatan aset 3D diantaranya yaitu penggambaran sketsa, modeling & sclupting, texturing, optimasi, exporting dan terakhir importing asset. Game asset untuk Game Escape From Fatahillah berhasil dibuat. Game ini berhasil meningkatkan pemahaman tentang koleksi peningalan sejarah Museum Fatahillah. Hasil game ini bertujuan dapat sebagai wadah alternatif pengenalan dengan seolah-olah mengunjungi musuem melalui game virtual reality.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Nofiandri Setyasmara, ST., M.Ak., MT. 2. Dwi Mandasari Rahayu, S.P., M.M.
Uncontrolled Keywords: Museum Fatahillah, Game, Virtual Reality, GDLC, Game Asset, 2D, 3D, Blender, Adobe Illustrator.
Subjects: A General Works > AM Museums (General). Collectors and collecting (General)
D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Permainan
Depositing User: Putri Ningsih Ningsih
Date Deposited: 04 Aug 2023 07:28
Last Modified: 04 Aug 2023 07:28
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/4329

Actions (login required)

View Item
View Item