PENGEMBANGAN PERMAINAN 2D BERBASIS ANDROID SEBAGAI EDUKASI ANAK PENGENALAN DASAR RAMBU LALU LINTAS “PAK IKO SANG KURIR DISIPLIN” (GAME DESIGNER)

Ilham Ramadhan, Arnesta (2023) PENGEMBANGAN PERMAINAN 2D BERBASIS ANDROID SEBAGAI EDUKASI ANAK PENGENALAN DASAR RAMBU LALU LINTAS “PAK IKO SANG KURIR DISIPLIN” (GAME DESIGNER). Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENGEMBANGAN PERMAINAN 2D BERBASIS  ANDROID SEBAGAI EDUKASI ANAK PENGENALAN  DASAR RAMBU LALU LINTAS “PAK IKO SANG KURIR DISIPLIN”  (GAME DESIGNER)] Text (PENGEMBANGAN PERMAINAN 2D BERBASIS ANDROID SEBAGAI EDUKASI ANAK PENGENALAN DASAR RAMBU LALU LINTAS “PAK IKO SANG KURIR DISIPLIN” (GAME DESIGNER))
Preliminary_19021011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (419kB)

Abstract

Rambu lalu lintas merupakan bagian perlengkapan jalan yang berguna sebagai
petunjuk bagi pengguna jalan (UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan
Angkutan Jalan). Kurangnya pengetahuan pentingnya mematuhi rambu lalu lintas
sejak dini berpotensi mengalami kecelakaan antara satu dengan yang lain.
Penelitian yang dilakukan oleh Handayani, Rahma, dan Widi (2017)
mengungkapkan bahwa pelanggaran terhadap rambu memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap potensi terjadinya kecelakaan di kota Surakarta, sebesar 39,5%.
Data dari Satlantas Polres Bandung (Tagel, Putu, Ratmini, Asmara, 2019)
mengemukakan bahwa pelanggaran yang dilakukan oleh pengguna sepeda motor
usia dibawah 17 tahun pada tahun 2018 mencapai 2.217 orang. Atas dasar ini
penulis merancang dan mengimplementasikan game design document permainan
2D berbasis android dengan pengenalan dasar rambu lalu lintas. Metode yang
digunakan yaitu Game Development Life Cycle (GDLC). Hasil pengujian beta test
untuk game designer yang dilakukan pada anak usia dibawah 17 tahun di sekitar
jalan mandor jaun 1 menunjukkan 100% dari total 10 orang responden mengerti
cara bermain, berpendapat bahwa gameplay dan desain game nya menarik, dan
musiknya cocok dengan game.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing I : Nofiandri Setyasmara, S.T., M.Ak., M.T. Pembimbing II : Yohan Pribadi, S.Kom., M.T.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : rambu lalu lintas, permainan 2d berbasis android, game design document (GDD), game development life cycle (GDLC).
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Permainan
Depositing User: Arnesta Ilham Ramadhan
Date Deposited: 04 Aug 2023 08:54
Last Modified: 04 Aug 2023 08:54
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/4342

Actions (login required)

View Item
View Item