LAPORAN TUGAS AKHIR PEMBUATAN GAME HOROR 3D UNTUK MENGANGKAT CERITA HOROR DARI INDONESIA “MISTERI DESA GAIB” SEBAGAI GAME DESIGNER

Berahim, Rizky Ramadhan Aftami (2023) LAPORAN TUGAS AKHIR PEMBUATAN GAME HOROR 3D UNTUK MENGANGKAT CERITA HOROR DARI INDONESIA “MISTERI DESA GAIB” SEBAGAI GAME DESIGNER. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

[thumbnail of LAPORAN TUGAS AKHIR PEMBUATAN GAME HOROR 3D UNTUK MENGANGKAT CERITA HOROR DARI INDONESIA “MISTERI DESA GAIB” SEBAGAI GAME DESIGNER] Text (LAPORAN TUGAS AKHIR PEMBUATAN GAME HOROR 3D UNTUK MENGANGKAT CERITA HOROR DARI INDONESIA “MISTERI DESA GAIB” SEBAGAI GAME DESIGNER)
Preliminary_19021053.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (634kB)

Abstract

ABSTRACT
Development of a horror game with Indonesian folklore nuances on the Windows platform
and horror story references from the East Java region, especially Alas Gumitir. The game
"MISTERI DESA GAIB" presents an interesting story in a remote village with mystical
nuances and frightening folk myths. With game mechanics in the form of a first-person
shooter (FPS) incorporating horror elements. The aesthetics of the game reflect local
Indonesian culture with environment and character designs that depict mystical nuances.
The atmosphere of the supernatural village creates a chilling and tense atmosphere,
supported by the right music and sound to enhance the horror effect.Game designers used
the Game Development Life Cycle (GDLC) method with the initiation stage involving
brainstorming sessions and discussions to develop the game concept. The game designer
team developed an IDE with Four Basic Elements: Story, Mechanics, Aesthetic, and
Technology. The pre-production process was carried out by designing wireframes as a
basic representation of the in-game appearance. It is hoped that "MISTERI DESA GAIB"
can re-popularize Indonesian folklore and provide an interesting and educational gaming
experience for players. This game is expected to increase appreciation for local culture,
provide valuable knowledge and experience for the author in designing horror games, and
become a reference for future researchers and students who are interested in developing
games with the theme of folklore from Indonesia. This game is expected to be a positive
contribution in preserving Indonesia's cultural heritage through modern and interesting
game media.
Keywords: Game FPS Horror, Indonesian ambiance., Game Designer, Game
Development Life Cycle (GDLC)

Pengembangan game horor bernuansa cerita rakyat Indonesia dengan platform Windows
dan referensi cerita horor dari daerah Jawa Timur, khususnya Alas Gumitir. Game
"MISTERI DESA GAIB" menyajikan cerita menarik di desa terpencil dengan nuansa
mistis dan mitos rakyat yang menakutkan. Dengan mekanika permainan berupa first�person shooter (FPS) menggabungkan elemen horor. Estetika permainan mencerminkan
budaya lokal Indonesia dengan desain lingkungan dan karakter yang menggambarkan
nuansa mistis. Atmosfer desa gaib menciptakan suasana mengerikan dan tegang, didukung
oleh musik dan suara yang tepat untuk meningkatkan efek horor.Game designer
menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) dengan tahap inisiasi
melibatkan sesi brainstorming dan diskusi untuk mengembangkan konsep permainan. Tim
game designer menyusun IDE dengan Four Basic Elements: Story, Mechanics, Aesthetic,
dan Technology. Proses pra-produksi dilakukan dengan merancang wireframe sebagai
representasi dasar tampilan dalam game. Diharapkan "MISTERI DESA GAIB" dapat
mempopulerkan kembali cerita rakyat Indonesia dan memberikan pengalaman bermain
yang menarik dan edukatif bagi pemain. Game ini diharapkan meningkatkan apresiasi
terhadap budaya lokal, memberikan pengetahuan dan pengalaman berharga bagi penulis
dalam perancangan game horor, serta menjadi referensi bagi peneliti dan mahasiswa di
masa depan yang tertarik pada pengembangan game dengan tema cerita rakyat dari
Indonesia. Game ini diharapkan menjadi kontribusi positif dalam melestarikan warisan
budaya Indonesia melalui media game yang modern dan menarik.
Kata Kunci: Game FPS Horror, Nuansa Indonesia, Game Designer, Game
Development Life Cycle (GDLC)

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Deddy Stevano H Tobing, DIP ING. 2. Tita Aprilliawati Putri Santoso, S.ST., M.T
Uncontrolled Keywords: Game FPS Horror, Indonesian ambiance., Game Designer, Game Development Life Cycle (GDLC). Game FPS Horror, Nuansa Indonesia, Game Designer, Game Development Life Cycle (GDLC)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Permainan
Depositing User: Rizky Ramadhan Aftami
Date Deposited: 04 Aug 2023 09:02
Last Modified: 04 Aug 2023 09:02
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/4349

Actions (login required)

View Item
View Item