LAPORAN TUGAS AKHIR PEMBUATAN GAME HOROR 3D UNTUK MENGANGKAT CERITA HOROR DARI INDONESIA “MISTERI DESA GAIB” SEBAGAI GAME 3D ARTIST

Afta Dwi Pratama, Afta (2023) LAPORAN TUGAS AKHIR PEMBUATAN GAME HOROR 3D UNTUK MENGANGKAT CERITA HOROR DARI INDONESIA “MISTERI DESA GAIB” SEBAGAI GAME 3D ARTIST. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of LAPORAN TUGAS AKHIR PEMBUATAN GAME HOROR 3D UNTUK MENGANGKAT CERITA HOROR DARI INDONESIA “MISTERI DESA GAIB” SEBAGAI GAME 3D ARTIST] Text (LAPORAN TUGAS AKHIR PEMBUATAN GAME HOROR 3D UNTUK MENGANGKAT CERITA HOROR DARI INDONESIA “MISTERI DESA GAIB” SEBAGAI GAME 3D ARTIST)
Preliminary_19021005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Banyak remaja zaman sekarang yang sudah jarang menaati budaya dan tata krama pada suatu tempat maka dari itu mereka bertindak sesuka hatinya, yakni tidak menaati tata krama di daerah yang mereka kunjungi. Padahal tindakan mereka yang seenaknya bisa memancing kemarahan dari penghuni ghaib yang terdapat di daerah tersebut. Dan tidak jarang orang tua yang selalu mengingatkan anaknya untuk menjaga tata krama dan mengingat tuhan serta menjalani perintah tuhan supaya segala urusannya dipermudah dan selalu dalam lindungan tuhan, namun seringkali anak tersebut mengacuhkan nasihat orang tuanya, sehingga membuat dirinya sendiri celaka. Oleh karena itu penulis dan tim mengangkat tema game horor ini yaitu “Misteri Desa Ghaib” bertujuan memberikan edukasi dan gambaran bahwasanya tata krama di suatu tempat itu suatu hal yang penting dan setiap daerah memiliki mitos, dan larangan atau pantangan yang harus dipatuhi, serta selalu mendengarkan nasihat orang tua yang sangat penting untuk dilakukan, karena setiap perkataan nasihat yang diberikan orang tua terhadap anaknya adalah suatu hal yang terbaik demi keselamatan anaknya. Pada proses pembuatan game ini menggunakan sebuah metode Game Development Life Cycle (GDLC) atau siklus pengembangan sebuah game . Dalam penulisan ini terdapat langkah-langkah kerja pembuatan asset game “Misteri Desa Ghaib”, meliputi proses Modelling, Texturing, Rigging dan animating, menggunakan software Blender 3D dan Adobe Illutstrator untuk proses texturing.

Many teenagers today rarely obey the culture and etiquette of a place, so they act as they please, namely, they disobey the etiquette in the areas they visit. Even though their arbitrary actions can provoke anger from the occupants of the unseen in the area. And it's not uncommon for parents to always remind their children to maintain good manners and remember God and carry out God's orders so that all their affairs are made easy and always under God's protection, but often the child ignores the advice of his parents, thus making himself wretched. Therefore the author and the team raised the theme of this horror game, namely "Mystery of the Unseen Village" aimed at providing education and an illustration that manners in a place are an important matter and every region has myths, prohibitions, or taboos that must be obeyed, and always listen to parental advice which is very important to do because every word of advice parents give to their children is the best thing for the safety of their children. In the process of making this game using a Game Development Life Cycle (GDLC) method or the development cycle of a game. In this writing, there are working steps for making game assets "Mystery of the Unseen Village", including the process of Modeling, Texturing, Rigging, and animating, using Blender 3D software and Adobe Illustrator for the texturing process.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Deddy Stevano H Tobing, DIP ING. 2. Tita Aprilliawati Putri Santoso, S.ST., M.T.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Game 3D Horror, Game 3D Artist
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Permainan
Depositing User: Afta Dwi Pratama
Date Deposited: 07 Aug 2023 01:34
Last Modified: 07 Aug 2023 01:34
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/4369

Actions (login required)

View Item
View Item