PEMBUATAN DAN IMPLEMENTASI FINITE STATE MACHINE PADA GAME “MONSTROUS GREEN” (Game Programmer)

Gede Siwasesana Pande, I Ketut (2023) PEMBUATAN DAN IMPLEMENTASI FINITE STATE MACHINE PADA GAME “MONSTROUS GREEN” (Game Programmer). Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMBUATAN DAN IMPLEMENTASI FINITE STATE MACHINE PADA GAME “MONSTROUS GREEN” (Game Programmer)] Text (PEMBUATAN DAN IMPLEMENTASI FINITE STATE MACHINE PADA GAME “MONSTROUS GREEN” (Game Programmer))
Laporan TA_I Ketut Gede Siwasesana Pande-1-14.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (621kB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan industri game telah membuka peluang yang menarik untuk menciptakan pengalaman bermain yang memukau dan mendalam. Tugas Akhir ini bertujuan untuk menggabungkan perkembangan teknologi terkini dan pendekatan pemrograman dalam pembuatan game 3D yang berjudul "Monstrous Green" berdasarkan cerita daerah populer "Timun Mas". Studi awal dilakukan mengetahui apakah target audience mengetahui cerita rakyat “Timun Mas” melalui game. Ternyata masih banyak yang belum mengetahui cerita “Timun Mas” melalui game dan pemanfaatan pengembangan game RPG di Indonesia juga masih kurang. Selanjutnya, dibuatlah game “Monstrous Green” ini agar anak -anak dapat mengetahui cerita “Timun Mas” dan juga sebagai sarana hiburan mereka. Metode kajian yang digunakan pada pembuatan game ini adalah GDLC. Pada pembuatan game ini juga diterapkan metode FSM yang digunakan pada enemy bergerak secara tidak monoton. Pada enemy digunakanlah fungsi Random Range yang berfungsi sebagai pengacak / perandom gerakan enemy. Lalu didapatkannya hasil penerapan metode FSM yang digunakan pada enemy bergerak secara tidak mononton ini, menambah tingkat kesulitan game dikarenakan gerakan enemy semakin sulit diprediksi. Disaat bersamaan game juga berhasil menjadi media penceritaan tentang cerita rakyat “Timun Mas” sekaligus menjadi sarana hiburan target audience.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Rudy Cahyadi, S.Si., M.T 2. Dwi Mandasari Rahayu, S.P., M.M.
Uncontrolled Keywords: perkembangan teknologi game, game 3D “Monstrous Green”, cerita rakyat “Timun Mas”, metode GDLC, metode FSM.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Permainan
Depositing User: I Ketut Gede Siwasesana Pande
Date Deposited: 07 Aug 2023 03:25
Last Modified: 07 Aug 2023 03:25
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/4387

Actions (login required)

View Item
View Item