GAME EDUKASI “PESTISIDA ORGANIK VS HAMA” MENGGUNAKAN ALGORITMA FINITE STATE MACHINE SEBAGAI PENGATUR PERILAKU NPC

Syauqi Abdillah, Ahmad (2023) GAME EDUKASI “PESTISIDA ORGANIK VS HAMA” MENGGUNAKAN ALGORITMA FINITE STATE MACHINE SEBAGAI PENGATUR PERILAKU NPC. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of GAME EDUKASI “PESTISIDA ORGANIK VS HAMA” MENGGUNAKAN ALGORITMA FINITE STATE MACHINE SEBAGAI PENGATUR PERILAKU NPC] Text (GAME EDUKASI “PESTISIDA ORGANIK VS HAMA” MENGGUNAKAN ALGORITMA FINITE STATE MACHINE SEBAGAI PENGATUR PERILAKU NPC)
Preliminary_19021007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (974kB)

Abstract

Organic Pesticides vs Pests Game is an educational action game that has a character as a plant lover, the game is made based on data that the use of chemical pesticides is very dangerous, so education is needed to introduce organic pesticides. This game tells the story of a plant planted by a young man attacked by pests and how the young man can eradicate the pests on his plants using organic pesticides. This game was created using the Unity 2D game engine by implementing an FSM (Finite State Machine) artificial intelligence flow. Finite State Machine is used on NPC (Non Playable Character) characters, which are characters driven by artificial intelligence. From the tests that have been carried out, the results of the Finite State Machine artificial intelligence in the game Organic Pesticides vs Pests, the enemy pest characters can move with different types of Finite State Machines so they are not monotonous.
Keywords: Pestisida Organik vs Hama, Finite State Machine, Unity 2D.

Game Pestisida Organik vs Hama merupakan permainan aksi edukasi yang memiliki karakter sebagai seorang pecinta tanaman, game tersebut dibuat berdasarkan data bahwa penggunaan pestisida kimia sangatlah berbahaya, maka diperlukannya edukasi pengenalan bahan pestisida organik. Game ini bercerita tentang tanaman yang ditanam seorang pemuda terserang oleh hama dan bagaimana pemuda tersebut dapat membasmi hama yang ada pada tanamannya menggunakan pestisida organik. Game ini dibuat menggunakan game engine Unity 2D dengan menerapkan alur kecerdasan buatan FSM (Finite State Machine). Finite State Machine digunakan pada karakter NPC (Non Playable Character), yaitu karakter yang digerakan oleh kecerdasan buatan. Dari pengujian yang telah dilakukan, hasil dari kecerdasan buatan Finite State Machine pada game Pestisida Organik vs Hama, karakter enemy hama dapat melakukan pergerakan dengan variasi tipe Finite State Machine yang berbeda-beda agar tidak monoton.
Kata kunci: Pestisida Organik vs Hama, Finite State Machine, Unity 2D.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Rudy Cahyadi, S.Si., M.T. 2. Andrian, S.Kom., M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Pestisida Organik vs Hama, Finite State Machine, Unity 2D.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Permainan
Depositing User: Ahmad Syauqi Abdillah
Date Deposited: 07 Aug 2023 02:06
Last Modified: 07 Aug 2023 02:06
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/4393

Actions (login required)

View Item
View Item