Hirzi Raditya, Muhammad (2023) PERMAINAN EDUKASI PENGENALAN ANGKA, HURUF ABJAD, DAN WARNA UNTUK ANAK DENGAN METODE FINITE STATE MACHINE (GAME ARTIST). Diploma thesis, Polteknik Negeri Media Kreatif.
Preliminary_19021038.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
NPC (non playable character) membutuhkan AI (artificial Intellegent) atau
kecerdasan buatan yang dapat mengatur tingkah laku kondisi dari NPC,
kecerdasan buataan tersebut adalah Finite State Machine (FSM). FSM adalah
metode yang digunakan untuk menentukan suatu kondisi pada sebuah karakter
biasanya berupa enemy dari kondisi diam hingga patroli, menyerang, dan
mengejar. Dimana bertujuan untuk membuktian pada game Platbot Adventure
memiliki hubungan erat antara NPC dan AI yang menerapkan metode FSM
dengan kondisi patrol. Metode yang digunakan merupakan metode Game
Development Life Cycle (GDLC) versi Ramadhan dan Widyani. Dengan
membuat asset yang dibutuhkan untuk pengembangan game dengan judul Platbot
Adventure sebagai media pembelajaran pengenalan angka, huruf abjad dan warna
untuk anak, dan berdasarkan hasil survey langsung kepada 10 responden memiliki
respon yang baik terhadap game – nya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Hafid Setyo Hadi, M.T. 2. Yohan Pribadi, S.Kom., M.T. |
Uncontrolled Keywords: | NPC, Finite State Machine, GDLC, Platbot Adventure, Asset |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Permainan |
Depositing User: | Muhammad Hirzi Raditya |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 02:28 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 02:28 |
URI: | http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/4400 |