PEMBUATAN GAME VISUAL NOVEL UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN BERAKHLAK BAIK PADA USIA REMAJA SEBAGAI GAME DESIGNER “RIZKI: BACK TO THE RIGHT PATH”

Fahriansyah, Haris (2023) PEMBUATAN GAME VISUAL NOVEL UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN BERAKHLAK BAIK PADA USIA REMAJA SEBAGAI GAME DESIGNER “RIZKI: BACK TO THE RIGHT PATH”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of repository_Haris.pdf] Text
repository_Haris.pdf

Download (2MB)

Abstract

Studi ini menyelidiki pengembangan game visual novel "Rizki: Back To The Right Path" selama masa remaja dengan menggunakan pendekatan Game Development Life Cycle (GDLC). Masa remaja adalah periode penting dalam hidup di mana perubahan fisik dan emosional yang signifikan terjadi. Visual novel menjadi medium hiburan yang menarik karena menyajikan cerita interaktif untuk memenuhi minat remaja terhadap game.
Tahapan GDLC yang digunakan dalam pembuatan game ini diidentifikasi melalui teknik kualitatif deskriptif. Konsep cerita dan karakter yang sesuai dengan minat remaja ditetapkan pada tahap perencanaan. Storyboard, desain visual, dan persiapan konten narasi adalah semua bagian dari proses pra produksi. Untuk membuat pengalaman bermain yang mendalam, tahap produksi berkonsentrasi pada penerapan fitur interaktif, visual, dan audio. Tahap pascaproduksi, yang bergantung pada umpan balik pemain, melibatkan pengujian dan perubahan setelah peluncuran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembang dapat membuat game visual novel yang sesuai dengan minat dan kebutuhan remaja dengan menggunakan GDLC. Selain itu, penelitian ini menegaskan bahwa konten yang mendukung perkembangan positif remaja dan mengarahkan ke jalan yang benar sangat penting. Akibatnya, game "Rizki: Back To ‘The Right Path"memiliki potensi untuk menjadi hiburan yang mendidik dan bermanfaat bagi pemainnyayang berada di usia muda. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan mendapatkanhasil 91,85, Dengan nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa game ini berhasil,

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1.Nofiandri Setyasmara, ST.,M.Ak.,MT. 2.Tita Aprilliawati Putri Santoso, S.ST., M.T.
Uncontrolled Keywords: Masa remaja, Game, Visual novel, Rizki: Back ‘To The Right Path, Game Development Life Cycle(GDLC)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Permainan
Depositing User: Haris Fahriansyah
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:24
Last Modified: 07 Aug 2023 04:24
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/4465

Actions (login required)

View Item
View Item