PERMAINAN EDUKASI PENGENALAN ANGKA, HURUF ABJAD, DAN WARNA UNTUK ANAK DENGAN METODE FINITE STATE MACHINE

Ikhwana Bilqi, Rowahu (2023) PERMAINAN EDUKASI PENGENALAN ANGKA, HURUF ABJAD, DAN WARNA UNTUK ANAK DENGAN METODE FINITE STATE MACHINE. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Permainan Edukasi Pengenalan Angka, Huruf Abjad, Dan Warna Untuk Anak Dengan Metode Finite State Machine] Text (Permainan Edukasi Pengenalan Angka, Huruf Abjad, Dan Warna Untuk Anak Dengan Metode Finite State Machine)
Preliminary_19021056.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (698kB)

Abstract

NPC (non playable character) membutuhkan AI (artificial intelligence) atau kecerdasan buatan yang dapat mengatur tingkah laku kondisi dari NPC, kecerdasan buataan tersebut adalah Finite State Machine (FSM). FSM adalah metode yang digunakan untuk menentukan suatu kondisi pada sebuah karakter biasanya berupa enemy dari kondisi diam hingga patroli, menyerang, dan mengejar. Dimana bertujuan untuk membuktian pada game Platbot Adventure memiliki hubungan erat antara NPC dan AI yang menerapkan metode FSM dengan kondisi patroli. Metode yang digunakan merupakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) versi Ramadhan dan Widyani. Dengan membuat design yang sudah dirancang untuk pengembangan game dengan judul Platbot Adventure sebagai media pembelajaran pengenalan angka, huruf abjad dan warna untuk anak, dan berdasarkan hasil survey langsung kepada 10 responden memiliki respon yang baik terhadap game – nya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Hafid Setyo Hadi, M.T 2. Yohan Pribadi, S.Kom., M. T
Uncontrolled Keywords: Design, Finite State Machine, GDLC, NPC, Platbot Adventure
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Rowahu Ikhwana Bilqi
Date Deposited: 07 Aug 2023 07:30
Last Modified: 07 Aug 2023 07:30
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/4508

Actions (login required)

View Item
View Item