PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF UNTUK MEMBANTU MENGELOLA RASA INSECURE PADA REMAJA

mutiara, siti nafisyah (2023) PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF UNTUK MEMBANTU MENGELOLA RASA INSECURE PADA REMAJA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

[thumbnail of PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF UNTUK MEMBANTU MENGELOLA RASA INSECURE PADA REMAJA] Text (PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF UNTUK MEMBANTU MENGELOLA RASA INSECURE PADA REMAJA)
Preliminary_20100114.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

This final project is designing media in the form of interactive books to help manage feelings of insecurity in late adolescents aged 18-24 years. And the purpose of designing this interactive book media is to provide a place or place where teenagers who will be the audience can freely express their racial isconcern by reflecting on themselves through writing without boundaries where it seems that this book is a friend to confide in, which provides positive affirmations with so teenagers can slowly accept themselves and develop a more adaptive mindset to avoid mental health such as excessive anxiety disorders.This final project was prepared using several methods, namely by interviewing experienced parties such as doctors, teachers and youth who experienced it, and providing questionnaires to the target audience to match and determine the design in designing interactive books. This participation type interactive book contains self-reflection and selfdiscovery content with the aim of getting to know oneself and being able to accept oneself.
Keywords: Teenagers, Insecure, Interactive Books

Tugas akhir ini merancang media berupa buku interaktif untuk membantu mengelola rasa insecure pada remaja akhir berusia 18 – 24 tahun. Dan tujuan dari perancangan media buku interaktif ini adalah untuk memberikan sebuah tempat atau wadah dimana remaja yang akan menjadi audience dapat bebas mengekspresikan rasa insecure nya dengan mengrefleksikan dirinya melalui tulisan tanpa Batasan dimana seolah – olah bahwa buku ini sebagai teman untuk bercerita, yang memberikan afirmasi positif dengan begitu remaja perlahan dapat menerima dirinya sendiri serta mengembangkan pola pikir yang lebih adaptif untuk menghindari Kesehatan mental seperti gangguan kecemasan yang berlebihan. Tugas akhir ini disusun dengan beberapa metode yaitu dengan wawancara kepada pihak yang berpengalaman seperti dokter, guru dan remaja yang megalaminya, dan menyediakan kuesioner kepada target audience untuk mencocokan dan menentukan rancangan dalam perancangan buku interaktif. Buku interaktif jenis participation ini berisi konten refleksi diri dan self discovery dengan tujuan untuk mengenal dirinya sendiri dan bisa untuk menerima diri sendiri.
Kata Kunci: Remaja, Insecure, Buku Interaktif

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Mulyanuddin, S.Pd., MM. 2. Rina Watye, S.Ds., M.Ds.
Uncontrolled Keywords: Remaja, Insecure, Buku Interaktif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Desain Grafis
Depositing User: Mutiara siti nafisyah
Date Deposited: 08 Aug 2023 04:41
Last Modified: 08 Aug 2023 04:41
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/4518

Actions (login required)

View Item
View Item