PEMBUATAN PERMAINAN 3D BERTEMAKAN MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) BERBASIS DESKTOP “Welcome Student”

Jayanto, Eksarahman (2023) PEMBUATAN PERMAINAN 3D BERTEMAKAN MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) BERBASIS DESKTOP “Welcome Student”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Pembuatan Permainan 3D Bertemakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Menengah Atas (SMA) Berbasis Desktop “Welcome Student”] Text (Pembuatan Permainan 3D Bertemakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Menengah Atas (SMA) Berbasis Desktop “Welcome Student”)
Preliminary_19021065.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (696kB)

Abstract

School Environment Introduction Period is an activity that is commonly carried out
in schools at the beginning of the academic year to welcome new students.
Implementation of activity aims to provide benefits for students in the new academic
year. Several factors include developing self-confidence when interacting with
others, increasing the ability to interact with individuals and groups, and adapting
to the new school environment. The purpose of writing this report is to design
interesting interactive educational Game assets for UPI Pilot Laboratory High
School students and to help new students get to know the school better through
Game media. Beta Testing or external testing is carried out by means of trials on
9th grade junior high school students who attend SMPIT Raflesia in Depok with 5
children, of which there are 3 students and 2 female students. In the beta test Game
artist can get results from 5 Questions with a proportion of 95.2% of the total
positive answers. With this Game, it will be easier for children to understand the
environment around them so they can implement a healthy environment around
their school.
Keywords : Student, 3D Game, School Environment
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah kegiatan yang umum dilakukan di
sekolah pada awal tahun akademik untuk menyambut siswa baru. Pelaksanaan
kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan manfaat bagi siswa dalam tahun
akademik yang baru. Beberapa faktor meliputi pengembangan rasa percaya diri saat
berinteraksi dengan orang lain, meningkatkan kemampuan berinteraksi dengan
individu dan kelompok, dan beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru.
Penulisan laporan ini bertujuan untuk Merancang asset Game edukasi yang menarik
interaktif pada siswa SMA Laboratorium Percontohan UPI dan untuk membantu
siswa baru dalam mengenal sekolah dengan lebih baik melalui media Game. Beta
Testing atau pengujian eksternal dilakukan dengan cara uji coba kepada anak kelas
9 SMP yang bersekolah di SMPIT Raflesia di Depok dengan 5 anak yang
diantaranya terdapat 3 siswa dan 2 siswi. Dalam uji beta Game artist dapat
memperoleh hasil dari 5 pertanyaan dengan persentase 95,2 % total jawaban positif.
Dengan adanya permainan ini anak akan lebih mudah memahami lingkungan
sekitar sehingga bisa mengimplementasikan lingkungan sehat yang ada di sekitar
sekolahnya.
Kata Kunci : Siswa, Permainan 3D, Kehidupan Sekolah

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Dipl.-Ing Deddy Stevano H Tobing, M.Si(Han) 2. Andrian M.Kom
Uncontrolled Keywords: Siswa, Permainan 3D, Kehidupan Sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Permainan
Depositing User: Eksarachman Jayanto
Date Deposited: 14 Aug 2023 01:35
Last Modified: 14 Aug 2023 01:35
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/4746

Actions (login required)

View Item
View Item