Pengenalan Seni Beladiri Silat Betawi Beksi Melalui Augmented Reality Sebagai Media Promosi Sanggar Setu Babakan

Ananda, Muhammad Riza (2023) Pengenalan Seni Beladiri Silat Betawi Beksi Melalui Augmented Reality Sebagai Media Promosi Sanggar Setu Babakan. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Pengenalan Seni Beladiri Silat Betawi Beksi Melalui Augmented Reality Sebagai Media Promosi Sanggar Setu Babakan] Text (Pengenalan Seni Beladiri Silat Betawi Beksi Melalui Augmented Reality Sebagai Media Promosi Sanggar Setu Babakan)
MUHAMMAD RIZA ANANDA_LAPORAN TA_removed.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Writing this Final Project aims to make the final work in the form of an
augmented reality application that introduces Beksi Sanggar Setu Babakan Silat
Betawi as Promotional Media. The data collection method used in making this Final
Project uses observation, interviews, literature study and distributing questionnaires
during the application usability test. The results of the compatibility test and
functionality test using four different Android versions, show that the augmented reality
application can run optimally and all functions work well on Android versions 8, 10,
11 and 12. The results of the application usability test are carried out by distributing
questionnaires during application usability tests. It can be concluded that the Betawi
Silat augmented reality application at Beksi Sanggar Setu Babakan is suitable for use
as an introduction and promotion medium with a feasibility percentage of 80,7%.
Keywords : Silat Betawi Beksi, Introduction, Media Promotion, Augmented Reality
Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk membuat karya akhir berbentuk
aplikasi augmented reality pengenalan Silat Betawi Beksi Sanggar Setu babakan
sebagai Media Promosi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam pembuatan
Tugas Akhir ini menggunakan metode observasi, wawancara, studi pustaka serta
menyebarkan angket pada saat uji kegunaan aplikasi . Hasil uji kompatibilitas dan uji
fungsionalitas dengan menggunakan empat versi android yang berbeda, menunjukan
bahwa aplikasi augmented reality dapat berjalan optimal dan semua fungsi berjalan
dengan baik pada android versi 8, 10, 11 maupun 12. Hasil uji kegunaan aplikasi
dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada saat uji kegunaan aplikasi. Dapat
disimpulkan bahwa aplikasi augmented reality Silat Betawi Beksi Sanggar Setu
Babakan layak digunakan sebagai media pengenalan dan promosi dengan persentase
kelayakan sebesar 80,7%.
Kata Kunci : Silat Betawi Beksi, Pengenalan, Media Promosi, Augmented Reality

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Sanjaya Pinem, S.Kom., M.Sc. Deni Kuswoyo, S.Kom., M.Kom
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Muhammad Riza Ananda
Date Deposited: 14 Aug 2023 02:10
Last Modified: 14 Aug 2023 02:10
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/4775

Actions (login required)

View Item
View Item