Peran Media Planner Dalam Meningkatkan Penjualan Collanutri Melalui Platform TikTok

Maulida Shela, Shela (2023) Peran Media Planner Dalam Meningkatkan Penjualan Collanutri Melalui Platform TikTok. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Laporan Tugas Akhir] Text (Laporan Tugas Akhir)
LAPORAN TUGAS AKHIR_SHELA MAULIDA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (440kB)

Abstract

In the current digital era, technological developments with advances in digital marketing are happening so rapidly. PT. Collanutri has a problem where sales of this product are still small. Therefore, the role of the Media Planner is needed in choosing the right media to increase sales of Collanutri products. The Media Planner will place media on the TikTok platform which has a business function to get sales. During the process, media planners must be able to find and select KOLs and creators who can increase sales of Collanutri products through the promotions they carry out. The selection of KOL and creators is done by looking at several criteria starting from followers, type of content, budget, and number of viewers. The existence of a SWOT analysis is used to determine the position of the product in the market. The AIDA analysis used also assists the author in analyzing the attitudes of potential customers for Collanutri products, starting from attracting attention to making a purchase.
Keyword: TikTok, Creator, KOL, Collanutri, Media Placement

Pada era digital saat ini perkembangan teknologi dengan kemajuan permasaran digital terjadi begitu pesat. PT Berkat Kreatif Bangsa (Hello Monday Morning) merupakan Digital Marketing Agency yang memiliki klien PT Immunotec Profarmasia dengan produk Collanutri yang merupakan minuman kolagen pencerah kulit. Collanutri memiliki masalah dimana penjualan produk ini masih sedikit. Oleh karena itu, peran Media Planner dibutuhkan dalam memilih media yang tepat untuk meningkatkan penjualan produk Collanutri. Media Planner akan melakukan penempatan media pada platform TikTok yang memiliki fungsi dari bidang bisnis untuk mendapatkan penjualan. Selama pengerjaannya, media planner harus mampu mencari dan memilih KOL dan creator yang dapat meningkatkan penjualan produk Collanutri melalui promosi yang dilakukan. Pemilihan KOL dan creator ini dilakukan dengan melihat beberapa kriteria mulai dari followers, jenis konten, budget, dan jumlah penontonnya. Adanya analisa SWOT digunakan untuk mengetahui posisi produk dipasaran. Analisa AIDA yang digunakan juga membantu penulis dalam menganalisis sikap dari calon konsumen untuk produk Collanutri mulai dari menarik perhatian sampai melakukan pembelian.
Kata Kunci: TikTok, Pencipta, KOL, Collanutri, Penempatan Media

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1.Hawa Asma Ul Husna, S.Pd., M.Hum 2.Firda Nida Fauziyyah, S.I.Kom
Uncontrolled Keywords: TikTok, Pencipta, KOL, Collanutri, Penempatan Media
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Penerbitan > Prodi Periklanan
Depositing User: Shela Maulida
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:06
Last Modified: 16 Aug 2023 03:06
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/5123

Actions (login required)

View Item
View Item