PROSES PENYUNTINGAN IKLAN PARIWISATA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT MEDIA SOSIAL DOLANESIA

Suryadi, Mufti (2023) PROSES PENYUNTINGAN IKLAN PARIWISATA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT MEDIA SOSIAL DOLANESIA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PROSES PENYUNTINGAN IKLAN PARIWISATA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT MEDIA SOSIAL DOLANESIA] Text (PROSES PENYUNTINGAN IKLAN PARIWISATA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT MEDIA SOSIAL DOLANESIA)
Preliminary_20330086.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (270kB)

Abstract

Advertising is one of the creative industry sub-sectors in Indonesia, which relies
on creativity to manufacture. In the midst of the development of the creative
industry, especially digital platforms, PT Dolanesia Cipta Creative or Dolanesia,
is a digital platform formed by teams from various countries to support and
promote Indonesian tourism to the world YouTube. The purpose of this
Audiovisual Ad is to increase the author's Engagement using the STP, SWOT, and
AISAS methods which are very effective methods for increasing Dolanesia
Youtube Engagement. therefore the author's role as a Video Editor is to make
videos that can increase Engagement Youtube Dolanesia. Video editors have a
strategic role in the tourism industry. The author's efforts in producing
audiovisuals that evoke emotions and attract the interest of potential tourists are
invaluable in promoting tourism destinations. With the right use of technology,
video editors contribute to economic growth and cultural preservation, as well as
having a positive impact on the tourism industry as a whole.

Periklanan merupakan salah satu subsektor industri kreatif di Indonesia yang
dalam pembuatannya mengandalkan kreativitas. Di tengah berkembangnya
industri kreatif terutama platform digital, PT Dolanesia Cipta Kreatif atau
Dolanesia adalah platform digital yang dibentuk oleh tim dari berbagai negara
untuk mendukung dan mempromosikan pariwisata Indonesia ke dunia.Iklan Tour
Wisata Bromo itu sendiri adalah sebuah Iklan Audiovisual yang menampilkan
keindahan Bromo secara promosi di Youtube. Tujuan dari Iklan Audiovisual ini
untuk meningkatkan Engagement penulis menggunakan metode STP, SWOT dan
AISAS yang dimana metode tersebut sangat efektif untuk meningkatkan
Engagement Youtube Dolanesia. maka dari itu peran penulis sebagai editor video
yaitu membuat video yang dapat meningkatkan Engagement Youtube Dolanesia.
Editor video memiliki peran strategis dalam industri pariwisata. Teori upaya
penulis dalam menghasilkan audiovisual yang menggugah emosi dan menarik
minat calon wisatawan sangat berharga dalam mempromosikan destinasi
pariwisata. Dengan pemanfaatan teknologi yang tepat, editor video berkontribusi
pada pertumbuhan ekonomi dan pelestarian budaya, serta memberikan dampak
positif bagi industri pariwisata secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1: Zaenab, SS,. M.Si Pembimbing 2: Martin Lukas
Uncontrolled Keywords: Editor Video, Iklan Audiovisual, Platform Digital, Engagement, Dolanesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Penerbitan > Prodi Periklanan
Depositing User: Mufti Suryadi
Date Deposited: 19 Aug 2023 12:24
Last Modified: 19 Aug 2023 12:24
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/5431

Actions (login required)

View Item
View Item