PEMBUATAN BUMPER VIDEO SEBAGAI IDENTITAS VISUAL PADA CHANNEL YOUTUBE PODCAST DBIKR MEDIA CORPORATE

Azizah, Nurul (2023) PEMBUATAN BUMPER VIDEO SEBAGAI IDENTITAS VISUAL PADA CHANNEL YOUTUBE PODCAST DBIKR MEDIA CORPORATE. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMBUATAN BUMPER VIDEO SEBAGAI IDENTITAS VISUAL PADA CHANNEL YOUTUBE PODCAST DBIKR  MEDIA CORPORATE] Text (PEMBUATAN BUMPER VIDEO SEBAGAI IDENTITAS VISUAL PADA CHANNEL YOUTUBE PODCAST DBIKR MEDIA CORPORATE)
PRELIMINARY.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (522kB)

Abstract

Dbikr Media Corporate is a creative industry engaged in podcasts. Dbikr Media Corporate
aims to be a forum for young people who want to work in the creative industry by producing
and developing new content and ideas from millennials, of course, it is universal. The
creation of this video bumper was motivated by the absence of a special video bumper that
displays characteristics on the Dbikr youtube channel where the importance of video
bumpers as a way to introduce corporate identity to the public. Bumper itself is a short
animated video that is usually found at the beginning or end of a program. The methods
used in this writing are observation, interview, and literature study methods. The author
made a bumper video by displaying the characteristics of the podcast. The stages of making
bumpers begin with the pre-production stage, namely compiling concepts, storyboards,
determining fonts and colors, material collection, hardware and software preparation, then
entering the production stage where each scene is made, sound recording to then enter the
post-production stage including editing or merging, adding audio, and finishing. The result
of this final project report is an 18-second bumper video.

Keywords: Bumper, Video, Dbikr Media Corporate, Animation

Dbikr Media Corporate merupakan sebuah industri kreatif yang bergerak dibidang podcast.
Dbikr Media Corporate memiliki tujuan yaitu menjadi wadah bagi para anak muda yang
ingin berkarya dibidang industri kreatif dengan memproduksi dan mengembangkan
konten-konten serta ide baru dari kaum millenial, tentunya bersifat universal. Pembuatan
bumper video ini dilatarbelakangi karena belum adanya bumper video khusus yang
menampilkan ciri khas pada channel youtube Dbikr yang dimana pentingnya bumper video
sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan identitas perusahaan kepada masyarakat.
Bumper sendiri adalah video animasi singkat yang biasanya terdapat di awal maupun di
akhir sebuah program. Metode yang digunakan dalam penulisan ini yaitu metode observasi,
wawancara, dan studi pustaka. Penulis membuat bumper video dengan menampilkan ciri
khas dari podcast tersebut. Tahapan pembuatan bumper dimulai dengan tahap praprodukasi
yaitu menyusun konsep, storyboard, menentukan font dan warna, pengumpulan material,
persiapan perangkat keras dan lunak, kemudian masuk ke tahap produksi dimana tiap-tiap
scene dibuat, perekaman suara untuk selanjutnya masuk ke tahap pascaproduksi meliputi
editing atau penggabungan, penambahan audio, dan finishing. Hasil dari laporan tugas
akhir ini adalah video bumper yang berdurasi 18 detik.

Kata Kunci: Bumper, Video, Dbikr Media Corporate, Animasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: I. Suhendra, ST., M.Kom ; II. Gunawan, MA
Uncontrolled Keywords: Bumper, Video, Identitas, Visual, Podcast
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Polimedia Medan > Prodi Multimedia
Depositing User: Nurul Azizah
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:57
Last Modified: 29 Aug 2023 07:57
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/5866

Actions (login required)

View Item
View Item