Permainan Edukasi Mengenai Dampak Penggunaan Smartphone Berlebih Pada Anak-Anak

Damara, Mariyo (2023) Permainan Edukasi Mengenai Dampak Penggunaan Smartphone Berlebih Pada Anak-Anak. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Permainan Edukasi Mengenai Dampak Penggunaan Smartphone Berlebih Pada Anak-Anak] Text (Permainan Edukasi Mengenai Dampak Penggunaan Smartphone Berlebih Pada Anak-Anak)
TugasAkhir_Mariyo Damara_19021032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK

Technological developments along with the times have made smartphones a sophisticated means of accessing information and communication in this era. The rapid development of technology has an impact on underage children who become addicted to smartphones. The author's goal of this development is to provide education regarding the impact of excessive smartphone use on children and obtain an Applied Bachelor's degree. Seeing this phenomenon, the authors developed an educational game using the GDLC method which focuses on the production stage by designing the system, perfecting the prototype, and optimizing the code. The game "The Doctor Eye Treatment" is an Android-based 2D educational game with content about educating children about the impact of smartphone use on eye health. Based on the results of beta testing the game "The Doctor Eye Treatment" got a score of 93.8 which means that the game "The Doctor Eye Treatment" is a game that is worth playing and can educate children about the impact of excessive smartphone use on children.Keywords: Games, Educational Games, Smartphone, Eye Health.

Perkembangan teknologi seiring dengan perkembangan zaman membuat smartphone menjadi alat akses informasi dan komunikasi canggih pada zaman ini. Perkembangan teknologi yang sangat pesat memberikan dampak pada anak-anak dibawah umur yang menjadi kecanduan terhadap smartphone. Tujuan penulis dari pengembangan ini untuk memberikan edukasi mengenai dampak penggunaan smartphone berlebih pada anak-anak dan mendapatkan gelar Sarjana Terapan. Melihat fenomena ini, penulis mengembangkan sebuah permainan edukasi dengan menggunakan metode GDLC yang berfokus pada tahap produksi dengan melakukan perancangan sistem, penyempurnaan prototype, dan pengoptimalisasian kode. Game “The Doctor Eye Treatment” adalah game edukasi 2D berbasis android dengan isi konten tentang edukasi untuk anak-anak mengenai dampak penggunaan smartphone pada kesehatan mata. Berdasarkan hasil beta testing Game “The Doctor Eye Treatment” mendapatkan skor 93,8 yang berarti bahwa Game “The Doctor Eye Treatment” menjadi Game yang layak dimainkan dan dapat mengedukasi anak-anak tentang dampak penggunaan smartphone berlebih pada anak-anak.

Kata Kunci: Game, Game Edukasi, Smartphone, Kesehatan Mata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Yeni Nurhasanah, S.Pd., M.T. 2. Yohan Pribadi, S.Kom., M. T.
Uncontrolled Keywords: Game, Game Edukasi, Smartphone, Kesehatan Mata.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Permainan
Depositing User: Mariyo Damara
Date Deposited: 01 Sep 2023 07:46
Last Modified: 01 Sep 2023 07:46
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/5903

Actions (login required)

View Item
View Item