PEMROGRAMAN GAME ADVENTURE “PETUALANGAN SI PITUNG” BERBASIS DESKTOP UNTUK PENGENALAN BUDAYA BETAWI

Shalhansyah Radityo, Muhammad (2023) PEMROGRAMAN GAME ADVENTURE “PETUALANGAN SI PITUNG” BERBASIS DESKTOP UNTUK PENGENALAN BUDAYA BETAWI. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMROGRAMAN GAME ADVENTURE “PETUALANGAN SI PITUNG” BERBASIS DESKTOP UNTUK PENGENALAN BUDAYA BETAWI] Text (PEMROGRAMAN GAME ADVENTURE “PETUALANGAN SI PITUNG” BERBASIS DESKTOP UNTUK PENGENALAN BUDAYA BETAWI)
LaporanTA (Preliminary) _Muhammad Shalhansyah Radityo_19021040_GT8B_Harmonia Studio.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

The game development of “Pertualangan Si Pitung” is based on the lack of interest in the younger generation of Indonesia towards local culture, and one of those cultures are Betawi Culture. The lack of interest is caused by the younger generation preferred foreign culture and see the local culture as ancient and not fun. Therefore we created a game called “Pertualangan Si Pitung” for introduction to local culture, mainly Betawi Culture in a fun way, with telling the story of Pitung because of his status are widely known across generations as a cultural icon. The development of this game included game artist, game designer, and game programmer to shape this game. This game is developed using Game Developmet Life Cycle (GDLC), this method had 5 steps, inititiation, pre-production, production, testing, and release. As a game programmer, writer is responsible for creating the game based on the intended design by the game designer, by using Unity and create the program using programming language C#. After shaping the game on the development cycle, our team tested the game, and it resulted in success to tell the story of Pitung and received good judgement by the player.

Keyword: Betawi Culture, Pitung, Adventure.

Pengembangan gim “Pertualangan Si Pitung” dilatar belakangi dengan adanya kurangnya minat generasi muda Indonesia terhadap budaya lokal, salah satunya adalah Budaya Betawi. Kekurangan minat ini dikarenakan generasi muda lebih
memilih budaya asing dan melihat budaya lokal sesuatu yang kuno dan tidak menyenangkan. Oleh karena itu penulis membuat gim “Pertualangan Si Pitung” agar pengenalan budaya lokal terutama Budaya Betawi menjadi lebih menyenangkan, dengan menceritakan Si Pitung karena statusnya yang sangat dikenal lintas generasi sebagai ikon budaya. Pengembangan ini melibatkan artis gim, desainer gim, dan pemrogram gim untuk mewujudkan gim ini. Gim ini dikembangkan dengan memakai
Game Development Life Cycle (GDLC) yg memiliki 5 tahapan, yaitu inisiasi, pra- produksi, produksi, pengujian, dan perilisan. Sebagai pemograman gim, penulis bertanggung jawab untuk membuat gim yang telah didesain oleh desainer gim, dengan menggunakan Unity dan menulis program dengan bahasa pemograman C#. Setelah mewujudkan gim pada tahap pengembangan, tim kami melakukan pengujian dan berhasil dalam memberikan cerita Si Pitung dan mendapatkan penilaian yang baik oleh pemain.

Kata Kunci: Budaya Betawi, Si Pitung, Petualangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Nofiandri Setyasmara, S.T., M.T. 2. Yuyun Khairunisa, M. Kom.
Uncontrolled Keywords: Budaya Betawi, Si Pitung, Petualangan.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GR Folklore
L Education > L Education (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Permainan
Depositing User: Muhammad Shalhansyah Radityo
Date Deposited: 29 Aug 2023 08:04
Last Modified: 29 Aug 2023 08:04
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/6065

Actions (login required)

View Item
View Item