PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL RANGKA MANUSIA BERBASIS AUGMENTED REALITY

Indriastuti, Salma Ayu (2023) PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL RANGKA MANUSIA BERBASIS AUGMENTED REALITY. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL RANGKA MANUSIA BERBASIS AUGMENTED REALITY] Text (PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL RANGKA MANUSIA BERBASIS AUGMENTED REALITY)
Premilinary_19012127.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (384kB)

Abstract

The importance of knowledge about the human skeleton for children is as learning that aims to know and maintain their own bodies. Grade 5 students at SDN Sukatani 03 have difficulty in learning the human skeleton due to limited learning media, relying only on books from the government and not utilizing technology. This research aims to create a
human skeleton introduction application for 5th grade students at SDN Sukatani 03 using 3D augmented reality-based interactive media as a complement to learning media, and
build learning media that can support student learning, and assist teachers in creating
interesting and innovative learning methods at SDN Sukatani 03. In this research there are 3 work steps carried out by the author, namely pre-production, production, and post production. With descriptive qualitative methods with data collection techniques by means of observation, interviews, and literature studies. So the results of the study show that the application made by the author has achieved the goal of assisting teachers in providing learning materials and increasing student understanding at school.

Pentingnya pengetahuan tentang rangka manusia bagi anak-anak adalah sebagai pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui dan menjaga tubuhnya sendiri. Siswa kelas 5 di SDN Sukatani 03 mengalami kesulitan dalam mempelajari rangka manusia karena keterbatasan media pembelajaran, hanya mengandalkan buku dari pemerintah dan kurang memanfaatkan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi pengenalan rangka manusia untuk siswa kelas 5 di SDN Sukatani 03 menggunakan media interaktif berbasis augmented reality 3D sebagai pelengkap media pembelajaran, dan membangun media pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran siswa, serta membantu guru dalam menciptakan metode pembelajaran yang menarik dan inovatif di SDN Sukatani 03. Dalam penelitian ini terdapat 3 langkah kerja yang dilakukan oleh penulis, yaitu pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Dengan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan studi pustaka. Maka hasil dari penelitian menunjukkan bahwa aplikasi yang dibuat oleh penulis telah mencapai tujuan untuk membantu guru dalam memberikan materi pembelajaran dan meningkatkan pemahaman siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Salma Ayu Indriastuti
Date Deposited: 31 Aug 2023 04:28
Last Modified: 31 Aug 2023 04:28
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/6245

Actions (login required)

View Item
View Item