PERANCANGAN 3D MODELING KARAKTER SEBAGAI MEDIA PROMOSI BUSANA MUSLIM TOKO SUCI KURNIA PANGKALAN BRANDAN

aminur rasyid siagian, tedi (2023) PERANCANGAN 3D MODELING KARAKTER SEBAGAI MEDIA PROMOSI BUSANA MUSLIM TOKO SUCI KURNIA PANGKALAN BRANDAN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN 3D MODELING KARAKTER SEBAGAI MEDIA PROMOSI BUSANA MUSLIM TOKO SUCI KURNIA PANGKALAN BRANDAN] Text (PERANCANGAN 3D MODELING KARAKTER SEBAGAI MEDIA PROMOSI BUSANA MUSLIM TOKO SUCI KURNIA PANGKALAN BRANDAN)
tedi aminur rasyid siagian.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (792kB)

Abstract

ABSTRACT
This research identifies and solves two problems related to the Suci Kurnia store,
namely the lack of the use of 3D visuals and the lack of popularity of the use of 3D
in store promotions. Data collection methods include interviews, observation, and
literature study. The final result of this research is the development of 3D character
keychains as a solution to solving problems. The research was conducted by
involving shop owners in the problem identification process. Then, a design concept
is developed that utilizes the store's advantages to differentiate itself from
competitors. The design process involves sketching and digitizing using the Blender
application. The resulting 3D characters are used in store promotions to increase
popularity and provide unique experiences to consumers. The conclusion of this
study is that the use of 3D characters as a promotional medium is effective in
differentiating a store and increasing its attractiveness in the market.

ABSTRAK
Penelitian ini mengidentifikasi dan memecahkan dua masalah terkait dengan toko
Suci Kurnia yaitu kurangnya penggunaan visual 3D dan kurangnya popularitas
penggunaan 3D dalam promosi toko. Metode pengumpulan data meliputi
wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil akhir dari penelitian tersebut adalah
pengembangan gantungan kunci berbentuk karakter 3D sebagai solusi pemecahan
masalah Penelitian dilakukan dengan melibatkan pemilik toko dalam proses
identifikasi masalah. Kemudian, dikembangkan konsep perancangan yang
memanfaatkan kelebihan toko untuk membedakan diri dari pesaing. Proses
perancangan melibatkan pembuatan sketsa dan digitalisasi menggunakan aplikasi
Blender. Karakter 3D yang dihasilkan digunakan dalam promosi toko untuk
meningkatkan popularitas dan memberikan pengalaman unik kepada konsumen.
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan karakter 3D sebagai media
promosi efektif untuk membedakan toko dan meningkatkan daya tariknya di pasar

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Dewantaro Lase S.Kom, M.Kom 2. Sofi Andriyanti S.Pd, M.Sn
Uncontrolled Keywords: Perancangan, Karakter 3D, Media Promosi
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Polimedia Medan > Prodi Desain Grafis
Depositing User: Tedi aminur Rasyid Siagian
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:11
Last Modified: 05 Sep 2023 07:11
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/6310

Actions (login required)

View Item
View Item