PENGARUH HARGA DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DI TAMAN WISATA WANA GRIYA

Zakhi Mubarak, Muhammad (2023) PENGARUH HARGA DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DI TAMAN WISATA WANA GRIYA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Pengaruh Harga dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pengunjung di Taman Wisata Wana Griya] Text (Pengaruh Harga dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pengunjung di Taman Wisata Wana Griya)
Preliminary_19070036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (651kB)

Abstract

ABSTRACK

Tourism objects are service products offered by a service company with the
hope that consumers will come to visit and enjoy the tourism objects offered. To be
able to attract visitors, managers must be able to provide the best quality service to
create consumer satisfaction. Price has four dimensions which include price
affordability, price compatibility with product quality, price compatibility with
benefits and price according to ability or price competitiveness and Facilities have
five dimensions which include consideration, room planning, equipment or
furniture, lighting and color, and message -the message you want to convey. The
population of this study were visitors to the Wana Griya Ciseeng Tourism Park,
Bogor Regency, with a sample of 381 respondents and the sampling technique used
was simple random sampling. The data collection method is a questionnaire
(questionnaire) which is distributed to visitors to the Wana Griya Tourism Park in
addition to the documentation method. The analytical method used is instrument
test, classical assumption test, hypothesis testing and testing is carried out using
IBM SPSS 25. In this study, the results of the analysis show that price and facilities
have a positive influence on visitor satisfaction at Wana Griya Tourism Park.
Evidenced by the f test count 99.982 > f table 3.00 with a significance level of 5%.
Therefore, the management of tourist parks needs to consider adjusting prices and
increasing the facilities provided in order to improve

Keywords: Price, Facilities, Visitor Satisfaction, Tourist Park.

ABSTRAK

Obyek wisata merupakan produk jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan jasa
dengan harapan agar konsumen datang untuk berkunjung dan menikmati obyek wisata
yang ditawarkan. Untuk dapat menarik minat pengunjung, pengelola harus dapat
memberikan kualitas pelayanan terbaik untuk menciptakan suatu kepuasan konsumen.
Harga memiliki empat dimensi yang meliputi keterjangkauan harga, kesesuaian harga
dengan kualitas produk, kesesuaian harga dengan manfaat dan harga sesuai kemampuan
atau daya saing harga serta Fasilitas memiliki lima dimensi yang meliputi pertimbangan,
perencanaan ruangan, perlengakapan atau perabotan, tata cahaya dan warna, dan pesan�pesan yang ingin disampaikan. Populasi penelitian ini adalah pengunjung Taman Wisata
Wana Griya Ciseeng Kabupaten Bogor, dengan sampel sebanyak 381 responden dan teknik
pengambilannya menggunakan simple random sampling. Metode pengumpulan data
dengan angket (kuesioner) yang dibagikan kepada pengunjung Taman Wisata Wana Griya
disamping metode dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah uji instrumen, uji
asumsi klasik, uji hipotesis dan pengujian dilakukan dengan menggunakan IBM SPSS 25.
Dalam penelitian ini, hasil analisis menunjukkan bahwa harga dan fasilitas memiliki
pengaruh positif terhadap kepuasan pengunjung di Taman Wisata Wana Griya. Dibuktikan
dengan uji f hitung 99,982 > f tabel 3.00 dengan tingkat signifikansi 5%. Oleh karena itu,
manajemen taman wisata perlu mempertimbangkan penyesuaian harga dan peningkatan
fasilitas yang disediakan guna meningkatkan kepuasan pengunjung dan meningkatkan daya
tarik taman wisata tersebut.

Kata Kunci : Harga, Fasilitas, Kepuasan Pengunjung, Taman Wisata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1 Fristi Bellia Annishia, S.KM.,M.Par.,M.M. Pembimbing 2 Akhmad Guntawan, S.S., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Harga, Fasilitas, Kepuasan Pengunjung, Taman Wisata.
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Pariwisata > Prodi Pengelolaan Perhotelan
Depositing User: Muhammad Zakhi Mubarak
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:42
Last Modified: 04 Sep 2023 04:42
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/6433

Actions (login required)

View Item
View Item