PERANCANGAN USER INTERFACE APLIKASI PEMESANAN ROTI DONAT PADA OUTLET DONAT KENTANG SYIFA

Dara Zakia, Irda (2023) PERANCANGAN USER INTERFACE APLIKASI PEMESANAN ROTI DONAT PADA OUTLET DONAT KENTANG SYIFA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN USER INTERFACE APLIKASI PEMESANAN ROTI DONAT PADA OUTLET DONAT KENTANG SYIFA] Text (PERANCANGAN USER INTERFACE APLIKASI PEMESANAN ROTI DONAT PADA OUTLET DONAT KENTANG SYIFA)
IRDA_TA_FINAL_2023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (868kB)

Abstract

ABSTRACT
In this technology era, many restaurants or food outlets often face the problem of
increasing customer queues. It can reduce the level of customer satisfaction
regarding poor employee performance. Utilizing digital technology can help
increase customer satisfaction by reducing on-site queue systems, one of which is
using an application on a smartphone. Donat Kentang Syifa is a food outlet that
wants to rely on an application to optimize the ordering system at the outlet so that
it can provide a good experience to customers and be able to manage customer
queues efficiently. In making applications, user interface design is a very important
initial basis because the interface is the body of an application. User interface
design is implemented in the form of a digital prototype. The research method used
is direct observation, interviews with outlet pemiliks, and the collection of related
information through library sources. The results achieved are in the form of a
prototype design of a user interface display that can order food digitally via a
smartphone. It is hoped that this design can be implemented in the form of a real
application so that it can handle the queue problems that occur at Outlet Donat
Kentang Syifa.
Keywords: Planning, Queue, User Interface, Prototype

ABSTRAK
Di zaman teknologi saat ini, banyak restoran ataupun outlet makanan yang sering
menghadapi masalah antrean pelanggan yang meningkat. Hal itu dapat menurunkan
tingkat kepuasan pelanggan perihal kinerja karyawan yang buruk. Memanfaatkan
teknologi digital dapat membantu meningkatkan kepuasan pelanggan dengan
mengurangi sistem antrean ditempat, salah satunya menggunakan aplikasi pada
ponsel pintar. Donat Kentang Syifa adalah sebuah outlet makanan yang ingin
mengandalkan aplikasi guna mengoptimalkan sistem pemesanan pada outlet
sehingga dapat memberikan pengalaman yang baik kepada pelanggan serta mampu
mengelola antrean pelanggan secara efisien. Dalam pembuatan aplikasi, desain
antarmuka merupakan dasar awal yang sangat penting karena antarmuka adalah
tubuh dari sebuah aplikasi. Desain antarmuka ini diterapkan kedalam bentuk
prototipe digital. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi secara
langsung, wawancara dengan pemilik outlet serta pengumpulan informasi yang
berkaitan melalui sumber pustaka. Hasil yang dicapai berupa rancangan prototipe
tampilan antarmuka yang dapat melakukan pemesanan makanan secara digital
melalui ponsel pintar. Perancangan ini diharapkan dapat diimplementasikan ke
dalam bentuk aplikasi yang nyata sehingga bisa menangani permasalahan antrean
yang terjadi di Oulet Donat Kentang Syifa.
Kata Kunci: Perancangan, Antrean, Tampilan Antarmuka, Prototipe

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: I. Sudirman, S.Kom., M.Kom ; II. Drs. H. Salam Irianto Nadeak, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Perancangan, Antrean, Tampilan Antarmuka, Prototipe
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Polimedia Medan > Prodi Multimedia
Depositing User: Irda Dara Zakia
Date Deposited: 04 Sep 2023 08:42
Last Modified: 04 Sep 2023 08:42
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/6446

Actions (login required)

View Item
View Item