PEMBUATAN GAME FPS (FIRST PERSON SHOOTER) “CURE” EFEKTIVITAS ANTIBIOTIK TERHADAP BAKTERI DENGAN METODE FSM (FINITE STATE MACHINE)

Anam, Syahrul (2023) PEMBUATAN GAME FPS (FIRST PERSON SHOOTER) “CURE” EFEKTIVITAS ANTIBIOTIK TERHADAP BAKTERI DENGAN METODE FSM (FINITE STATE MACHINE). Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMBUATAN GAME FPS (FIRST PERSON SHOOTER) “CURE” EFEKTIVITAS ANTIBIOTIK TERHADAP BAKTERI DENGAN METODE FSM (FINITE STATE MACHINE)] Text (PEMBUATAN GAME FPS (FIRST PERSON SHOOTER) “CURE” EFEKTIVITAS ANTIBIOTIK TERHADAP BAKTERI DENGAN METODE FSM (FINITE STATE MACHINE))
Tugas Akhir Syahrul Anam - 19021060.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
In today's era, technology is developing so fast, so is the development of game applications as learning media. In subjects at the high school level (Senior High School/equivalent) learn about knowledge of the shapes and names of bacteria in class X. In understanding the concept of the material being studied too much, there is Latin or scientific language, it is difficult to understand the distribution of classifications and characteristics of the material , the way the teacher teaches is less effective and monotonous, the lack of learning facilities and infrastructure, and the lack of student interest in participating in learning bacterial material. The educational game application was chosen because it is more understandable and as entertainment. So that players can do learning while playing so that students don't feel bored. Education through game applications is more understandable than listening to material delivered by the teacher in class or reading books.
The use of the finite state machine method is implemented into this game as an artificial intelligence of enemy movement as a Non Player Character. Based on the results of testing the finite state machine method can run well. The survey conducted shows that the movement of the enemy in this game reaches 93% and feels that it is running very well.

Keywords : Finite State Machine, Game, Bacteria, Unity 3D.

Di era sekarang ini, teknologi begitu cepat berkembang, begitu juga dengan perkembangan aplikasi permainan sebagai media pembelajaran. Dalam mata pelajaran pada tingkat sekolah menengah atas (SMA/Sederajat) mempelajari tentang pengetahuan bentuk dan nama bakteri pada kelas X. Dalam memahami konsep materi yang dipelajari terlalu banyak, terdapat bahasa latin atau ilmiah, susah memahami pembagian klasifikasi maupun ciri-ciri pada materi tersebut, cara guru mengajar kurang efektif dan monoton, kurangnya sarana dan prasarana dalam pembelajaran, dan kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran materi bakteri. Aplikasi permainan edukasi dipilih karena lebih dimengerti dan sebagai hiburan. Agar pemain dapat melakukan pembelajaran sambil bermain yang membuat siswa tidak merasa bosan. Edukasi melalui aplikasi permainan lebih dapat di mengerti daripada menyimak materi yang disampaikan guru di kelas ataupun membaca buku.
Penggunaan metode finite state machine diimplementasikan kedalam game ini sebagai kecerdasan buatan pergerakan enemy sebagai non player character. Berdasarkan hasil pengujian metode finite state machine dapat berjalan dengan baik. Survei yang dilakukan menunjukkan pergerakan enemy dalam game ini mencapai 93% merasa berjalan dengan sangat baik.

Kata Kunci : Finite State Machine, Game, Bakteri, Unity 3D.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Rudy Cahyadi, S.Si., M.T. 2. Dwi Mandasari Rahayu, S.P., M.M.
Uncontrolled Keywords: Finite State Machine, Game, Bakteri, Unity 3D.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Permainan
Depositing User: Syahrul Anam
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:50
Last Modified: 05 Sep 2023 07:50
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/6482

Actions (login required)

View Item
View Item