Pengembangan Game 3D "Herbal Lore Quest" Berbasis Desktop Untuk Edukasi Tentang Tanaman Herbal Di Indonesia

Alam Fatahillah, Sultan (2023) Pengembangan Game 3D "Herbal Lore Quest" Berbasis Desktop Untuk Edukasi Tentang Tanaman Herbal Di Indonesia. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Pengembangan Game 3D "Herbal Lore Quest" Berbasis Desktop Untuk Edukasi Tentang Tanaman Herbal Di Indonesia] Text (Pengembangan Game 3D "Herbal Lore Quest" Berbasis Desktop Untuk Edukasi Tentang Tanaman Herbal Di Indonesia)
Preliminary_19021059.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Abstract
Perkembangan teknologi pada industry game seperti saat ini membuka banyaknya
peluang dalam menciptakan pengalaman bermain game yang menarik untuk
banyak orang, selain sebagai media hiburan game juga dapat dimanfaatkan
sebagai media edukasi bagi pemainnya. Selain itu game itu sendiri banyak
memiliki genre salah satunya RPG (Role Playing Game) permainan ini mengajak
pemain untuk merasakan bagaimana menjadi sesuatu karakter dalam dunia fiktif,
pemain biasnaya dapat mengembangkan karakter tersebut dan menjalankan misi.
Untuk tugas akhir ini penulis merancang sebuah game 3D yang genre RPG
dengan judul “Herbal Lore Quest”. Game ini bertujuan untuk memperkenalkan
tanaman-tanaman herbal yang dapat dijadikan obat traditional sebagai alternatif
dari obat konvensional, dalam pembuatan game ini penulis menggunakan metode
GDLC (Game Development Life Cycle), dan menerapkan metode FSM (Finite
State Machine) yang digunakan untuk menggerakan enemy, pada enemy penulis
membuat supaya enemy dapat berpatroli dan menangkap player apabila dalam
jarak tangkapan.
Keyword: Teknologi, industri permainan, pengembangan game, RPG, Herbal Lore
Quest, tanaman herbal, obat tradisional, GDLC, FSM, perilaku musuh

The advancement of technology in the gaming industry today opens up
opportunities to create engaging gaming experiences for a wide audience. Apart
from being a source of entertainment, games can also be utilized as educational
media for players. Among the various genres, Role Playing Games (RPGs) invite
players to immerse themselves in the role of a character within a fictional world,
allowing them to develop the character and embark on quests. For this final
project, the author has designed a 3D RPG game titled "Herbal Lore Quest." The
game aims to introduce players to herbal plants that can be used as traditional
medicine alternatives to conventional drugs. In the development of this game, the
author utilizes the Game Development Life Cycle (GDLC) method and implements
the Finite State Machine (FSM) method to control enemy behavior. The FSM is
used to enable the enemy to patrol and capture the player when they are within
capture range
Keywords: technology, gaming industry, game development, RPG, Herbal Lore
Quest, herbal plants, traditional medicine, GDLC, FSM, enemy behavior

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1.Deddy Stevano H Tobing, DIP ING 2.Andrian, S.Kom., M.Kom
Uncontrolled Keywords: Keyword: Teknologi, industri permainan, pengembangan game, RPG, Herbal Lore Quest, tanaman herbal, obat tradisional, GDLC, FSM, perilaku musuh Keywords: technology, gaming industry, game development, RPG, Herbal Lore Quest, herbal plants, traditional medicine, GDLC, FSM, enemy behavior
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Permainan
Depositing User: Sultan Alam Fatahillah
Date Deposited: 04 Sep 2023 06:39
Last Modified: 04 Sep 2023 06:39
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/6485

Actions (login required)

View Item
View Item