ANALISA SEGMEN PASAR TERHADAP UPAYA MENINGKATKAN TINGKAT HUNIAN KAMAR DI HOTEL WYNDHAM CASABLANCA JAKARTA PADA TAHUN 2019 & 2021

Romatio Manalu, Elsha Julia (2023) ANALISA SEGMEN PASAR TERHADAP UPAYA MENINGKATKAN TINGKAT HUNIAN KAMAR DI HOTEL WYNDHAM CASABLANCA JAKARTA PADA TAHUN 2019 & 2021. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of ANALISA SEGMEN PASAR TERHADAP UPAYA MENINGKATKAN TINGKAT HUNIAN KAMAR DI HOTEL WYNDHAM CASABLANCA JAKARTA PADA TAHUN 2019 & 2021] Text (ANALISA SEGMEN PASAR TERHADAP UPAYA MENINGKATKAN TINGKAT HUNIAN KAMAR DI HOTEL WYNDHAM CASABLANCA JAKARTA PADA TAHUN 2019 & 2021)
Preliminary_19070020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (665kB)

Abstract

Bisnis perhotelan saat ini berkembang pesat di Indonesia. Dilihat dari banyaknya hotel yang didirikan sebagai penunjang industri pariwisata. Persaingan yang ketat khususnya, megharuskan setiap hotel untuk memiliki strategi dalam memperoleh pendapatan secara maksimal. Salah satu strateginya adalah dengan pengoptimalan tingkat hunian berdasarkan segmen pasar dengan baik. Penelitian dengan judul “Analisa Segmen Pasar Terhadap Upaya Peningkatan Tingkat Hunian Kamar Di Hotel Wyndham Casablanca Jakarta Pada Tahun 2019 & 2021” dilakukan untuk mengetahui segmen pasar mana yang dapat memberikan pendapatan untuk Wyndham Casablanca Jakarta pada tahun 2019 & 2021 secara maksimal, serta untuk mengetahui bagaimana upaya peningkatan yang dilakukan oleh manajemen untuk segmen pasar yang tepat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan deskriptif. Revenue Management dan Departement Sales & Marketing digunakan sebagai objek penelitian. Pengumpulan data primer dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi. Sedangkan data sekunder diperolah berdasarkan teori yang dijadikan pengolahan data oleh penulis. Hasil penelitian menyatakan, segmen pasar di Wyndham Casablanca Jakarta secara detail terdiri dari 15 segmen, yang dikelompokkan menjadi 5 segmen pasar. Segmen pasar dengan tingkat hunian tertinggi pada tahun 2019 berasal dari Online Travel Agent dan 2021 berasal dari Corporate. Namun, setiap segmen berbanding signifikan, dan harus dilakukan analisa segmen pasar secara lebih mendalam dan upaya peningkatan yang dilakukan untuk mendapatkan target pasar yang sesuai

The hotel business is growing rapidly in Indonesia. It is seen from many hotels that were established as supporters of the tourism industry. Strong competition in particular, requires every hotel to have a strategy for earning maximum revenue. One of strategies is optimization of occupancy levels based on market segments. The research, entitled “Market Segment Analysis of Rooms in Wyndham Casablanca Jakarta in 2019 & 2021” was carried out to find out which market segments could maximize revenue for Wyndham Casablanca Jakarta in 2019 and 2021, as well as how the management’s improvement efforts were made for the right market segment.
This research uses a qualitative approach with descriptive purposes. Revenue Management and Sales & Marketing Department are used as research objects. Primary data collection is carried out using interview and observation techniques. Secondary data is derived from analyze the theory and processing data by the author. Market segment in Wyndham Casablanca Jakarta in detail consists of 15 segments, which are grouped into 5 market segments. Market segments with the highest occupancy rate in 2019 came from Online Travel Agent and 2021 came from Corporate. However, each segment is comparatively significant, and a deeper analysis of market segments and how to improve occupancy, should be made to obtain a suitable target market

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Dosen Pembimbing : 1. Dr. Tipri Rose Kartika, M.M. 2. Maria Ulfa Catur Afriasih S.Pd.
Uncontrolled Keywords: segmen pasar, tingkat hunian kamar, revenue management, sales & marketing department, market segment, room occupancy, revenue management, sales & marketing department.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
L Education > L Education (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Pariwisata > Prodi Pengelolaan Perhotelan
Depositing User: Elsha Julia Romatio Manalu
Date Deposited: 11 Sep 2023 02:05
Last Modified: 11 Sep 2023 02:05
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/6707

Actions (login required)

View Item
View Item